fbpx
aplikasi youtube kids khusus untuk anak-anak

Aplikasi Youtube Kids Khusus Untuk Anak-Anak

Ada beberapa orangtua yang benar-benar melarang anaknya untuk bermain menggunakan gadget (smartphone, tablet ataupun iPad), tapi ada sebagian orangtua juga memberikan akses untuk bisa bermain gadget dengan batasan waktu tertentu. Aplikasi Youtube Kids ini sangat cocok sekali karena konten dan videonya memang khusus untuk anak-anak.

Sebagai tambahan informasi bahwa Aplikasi video yang ramah untuk anak-anak ini baru bisa diakses untuk masyarakat Indonesia pada 6 September 2018 dan merunur data dari playstore bahwa Aplikasi Youtube Kids ini sudah didownload sampai 100 Juta lebih, ini bukti bahwa aplikasinya sangat bagus untuk anak-anak.

Ini sangat berbeda dengan Youtube biasa, karena pada aplikasi ini sebelum masuk harus melakukan setting atau pengaturan umur anak anda sehingga konten video yang muncul akan disesesuaikan. Video dan konten di aplikasi youtube biasa ini sangatlah terlalu bebas, meskipun saat anda memberikan tontonan video atau film kartun, terkadang video selanjutnya loncat ke tema yang lain.

Kemudian saat ini kan lagi ramai-ramainya orang membuat channel video mulai dari prank hingga gamers yang dimainkan oleh orang-orang dewasa. Banyak sekali kreator-kreator video ini mengeluarkan kata-kata kasar yang jika ditonton oleh anak-anak bisa berbahaya dan bisa dia ikuti dalam kehidupan sehari-harinya. Nah oleh karena itu mendingan install deh Aplikasi youtube kids-nya, agar tontonannya bisa disesuaikan. Berikut ini penjelasan mengenai apa saja keuntungan dari menggunakan youtube kids ini :

Youtube Kids

tampilan youtube kids di pc atau laptop

Aplikasi youtube untuk anak ini memiliki fitur khusus, seperti pada sisi desainnya yang sangat berbeda dengan youtube biasanya, hadir dengan desain penuh warna cerah yang khas dengan anak-anak dan juga filter otomatis yang dirangcang olem tim engineer youtube sehingga orang tua bisa mengontrol dan melindungi anak-anaknya dari konten video yang tidak wajar.

Fitur Unggulan Youtube Kids

  1. Menghadirkan 4 ketegori video yaitu Show, Music, Learning, Explore dan juga menghadirkan juga video dari Dreamworks TV, Jim Henson TV dan konten anak-anak lainnya.
  2. Anda juga bisa membuat profile anak untuk referensi tontonannya yang bisa disesuaikan dengan umur anak anda seperti prasekolah, lebih muda ataupun lebih tua.
  3. Para orangtua bisa membatasi pemakaian perangkat dengan cara menyetel batas waktu seberapa lama anak anda bisa menonton. Nah kemudian bantu anak anda untuk melakukan kegiatan lainnya karena terlalu lama juga menggunakan gadget sangat tidak baik.
  4. Bisa mengetahui video apa saja yang baru ditonton oleh anak anda
  5. Bisa memblokir konten video yang menurut para orangtua kurang begitu mendidik, dan juga bisa melaporkan jika memang videonya tidak pantas untuk anak-anak.

Cara mengaktifkan Akun Youtube Kids

cara setting akun youtube kids

Aplikasi Youtube Kids yang khusus untuk anak-anak ini bisa diakses juga melalu laptop/pc windows, Android TV ataupun untuk smartphone / tablet / iPad, berikut beberapa cara yang bisa para orangtua lakukan :

Cara menggunakan aplikasi youtube khusus anak-anak di Laptop atau PC Windows :

  1. Langkah pertama adalah buka browser chrome ataupun mozilla lalu masuk ke youtubekids.com
  2. Kemudian akan masuk ke pengaturan awal, pilih “I’M a Parent” yang akan mebawa masuk kehalaman selamat datang yang merangkan kita sebagai orangtua Sebelum membiarkan anak Anda menjelajahi dunia YouTube Kids yang bebas dan menyenangkan, luangkan waktu beberapa menit untuk memutuskan kontrol keamanan orangtua yang penting.
  3. Klik Next dan masukkan tahun lahir anda dan akan muncul video penjelasan mengenai aplikasi Youtube kids ini. Intinya dengan login akun gmail dan membuat profil untuk setiap anak.
  4. Selanjutnya klik Next lagi dan login dengan email gmail khusus untuk akun youtube anak anda. setelah berhasil login akan muncul halaman perjanjian, scroll sampai bawah dan klik next lagi.
  5. Kemudian akan menuju kehalaman membuat profile anak, ini sesuai kolom yang disediakan seperti nama anak, umur, dan bulan lahirnya.
  6. Setelah diisi dengan benar klik next dan akan masuk ke halaman rekomendasi konten yang sesuai dengan umur, Preschool, younger dan older.
  7. Kemudian anda diminta untuk memilih menghidupkan kolom pencarian atau mematikannya.
  8. Setelah memilih itu maka profile anak anak sudah jadi, tinggal klik next saja dan selesai, anda bisa memberikan tontonan untuk anak anda sesuai settingan tadi di laptop atau pc windows dengan cara mengakses melalui youtubekids.com bukan youtube.com.
  9. Tapi anda juga bisa membuat profile baru lagi jika anda memiliki lebih dari 1 anak dan nantinya bisa disesuaikan video yang ditonton sesuai umurnya.

Youtube Kids di Smartphone, Tablet dan iPad

Nah untuk yang menggunakan smartphone atau tablet android bisa langsung download di playstore dan untuk iPad atau iPhone bisa di appstore. Cara untuk mengaktifkan akunnya cukup mudah, para orangtua bisa menggunakan email yang digunakan mendaftar di youtube kids for pc yang tadi sudah dilakukan. Aplikasi ini adalah aplikasi terbaik untuk anak-anak dan juga masuk sebagai pilihan editor di playstore.

Youtube Kids di Android TV

Saat ini banyak sekali provider internet seperti Xlhome ataupun Indhome memiliki paket dengan android tv ataupun smartbox tv. nah dengan alat itukan bisa menginstal berbagaimacam aplikasi yang support dan ternyata youtube khusus untuk anak-anak ini sudah bisa juga diinstal pada android tvnya. caranya adalah sebagai berikut :

  1. Langkah pertama adalah masuk ke playstore kemudian cari youtube kids dan instal
  2. Setelah selesai buka aplikasinya dan masuk ke menu login di pojok kiri atas,
  3. Ikuti langkahnya seperti memasukkan tahun lahir orangtua dan setelah itu akan muncul halaman aktifasi yang menampilkan kode kombinasi yang harus para orangtua aktifkan melalui smartphone ataupun laptop/pc.
  4. Oiya sangat disarankan agar para orangtua juga menginstall di smartphonenya ya sehingga proses loginnya nanti lebih cepat. setelah muncul halaman aktifasi di android tvnya, segera buka browser di smartphone dan ketikkan halaman ini atau langsung klik saja : kids.youtube.com/activate.
  5. Kemudian setelah muncul kolom, masukkan kode aktifasi yang muncul di tv tadi, dan klik next
  6. Setelah itu login dengan email yang kalian gunakan untuk mendaftar aplikasi youtube kids tadi. dan Selamat, aplikasinya sudah bisa diakses melalui android tv.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

youtube anak-anak