fbpx
YouTube defaults to SD quality worldwide

Youtube Turunkan Kualitas Videonya Agar Internet Tetap Stabil

YouTube telah secera resmi mengumumkan bahwa mereka akan turunkan kualitas videonya untuk semua orang diseluruh dunia yang mengakses youtube baik itu didashboard laptop/pc ataupun di smartphone. Keputusan ini diambil setelah melakukan percobaan terlebih dahulu dikawasan Eropa

Mengurangi beban jaringan internet karena saat ini hampir di seluruh dunia melakukan karantina mandiri dan agar pekerjaannya tetap bisa berjalan tanpa harus keluar rumah. social distancing yang memunculkan ide work from home atau di Indonesia lebih tenar dengan hastag dirumahsaja.

Jadi saat ini youtube akan menampilkan kualitas video dalam standard definition secara default, tetapi anda juga bisa meningkatkan kualitasnya menjadi high definition saat menonton video denganc ara memilih secara manual.

Penyusutan mutu ini hendak dicoba sepanjang 30 hari serta mulai digulirkan pada Selasa kemarin. Perihal ini dicoba buat kurangi tekanan pada sistem sepanjang pandemi virus corona yang memforsir jutaan orang buat tinggal di rumah.

youtube turunkan kualitas videonya

” Kami terus bekerja secara dekat dengan pemerintah serta operator jaringan di segala dunia buat melaksanakan kedudukan kami buat meminimalisir tekanan pikiran pada sistem sepanjang suasana ini,” kata juru bicara Google. Youtubenya membuat himbauan juga untuk belajar dirumah dengan youtube dengan tema Learn@Home.

Sekedar saran dan rekomendasi untuk anak-anak anda yang diberikan akses menonton youtube, ada baiknya untuk menginstal atau download yang namanya Youtube Kids, sehingga konten atau videonya tidak terlalu dewasa karena ada juga gamer-gamer yang membuat konten video saat bermain game mengeluarkan kata-kata kasar.

” Minggu kemudian, kami mengumumkan kalau sedangkan waktu seluruh video di YouTube ditampilkan dalam standard definition secara default di Uni Eropa. Sebab watak krisis ini yang mengglobal, kami hendak memperluas pergantian tersebut secara global mulai hari ini,” sambungnya.

YouTube bukan salah satunya platform streaming yang turunkan kualitas videonya buat kurangi beban pada broadband sepanjang pandemi COVID- 19. Tadinya Netflix mengumumkan sudah merendahkan bitrate di Eropa sepanjang 30 hari buat kurangi beban pada internet sampai 25%.

Apple, Amazon serta Disney pula sudah mengambil langkah yang sama. Apalagi platform media sosial semacam Facebook serta Instagram pula merendahkan mutu videonya buat menghindari internet jebol.

Cara Menaikkan Kualitas Video Youtube

menaikkan kualitas video youtube

Untuk kalian yang merasa kurang enak dengan kualitas video yang rendah dari standard youtube, berikut ini cara manual untuk menaikkan kualitas videonya adalah sebagai berikut :

  1. Langkah pertama adalah buka aplikasi youtube, kemudian pilih video mana yang kalian akan tonton
  2. Setelah video mulai jalan, pada pojok kanan atas atau 3 titik , tekan itu maka akan muncul pop-up pengaturan menonton video seperti : laporkan, kualitas video, kecepatan pemutaran, tonton di VR dan bantuan
  3. Pilih kualitas video, lalu akan muncul daftar kualitas video tersebut sampai beberapa pilihan. Selamat video anda sekarang menjadi high quality.