fbpx
iphone mati total tidak bisa di charge

iPhone Mati Total Tidak Bisa di Charge? Ini Solusinya

Harganya yang mahal tidak menjamin juga jika mengalami berbagai masalah, Iphone juga sama seperti smartphone android lainnya yang jika terjadi kesalahan human eror seperti kecempung air, kebanting, atau kelindes mobil yang mengakibatkan iPhone mati total tidak bisa di charge.

Produk Smartphone dari Apple memang dikenal memiliki kualitas terbaik dari software, hardware, hingga spesifikasi alat dan bahan yang digunakan. Tapi jika mengalami masalah seperti diatas tadi pasti rusak juga, entah itu lcd nya rusak, baterainya, atau sampai masalah yang levelnya lebih tinggi seperti iPhone mati total tidak bisa di charge. Jika seperti itu siap-siap untuk merogok kocek yang banyak untuk biasa perbaikannya.

Tapi anda tidak harus buru-buru pergi ke service center iPhone, identifikasi terlebih dahulu masalahnya kenapa, karena penyebab iphone mati total itu bukan hanya kebanting atau terjatuh tapi bisa jua karena baterai benar-benar habis total. Lalu bagaimana cara mengatasi iphone mati total tidak bisa dicharge itu?

Cara mengatasi iPhone mati total tidak bisa di charge

cara mengatasi iphone mati total

Banyak hal yang menyebabkan iphone cepat rusak dan susah dicharger dan itu datang dari kesalahan para penggunanya sendiri, seperti :

  • Penggunaannya yang hampir 24 jam.
  • Pengisian daya baterainya yang terlalu lama terhubung padahal sudah 100%.
  • Terlalu sering cabut pasang kabel charger.
  • sering menggunakan iphone sampil di charge.

Oleh karena itu, daripada mengalami masalah yang lebih serius, lebih baik hindari hal-hal semacam itu yang bisa merugikan diri sendiri. Berikut ini beberapa cara mengatasi iPhone yang mati total :

Reset pabrik

Langkah pertama yang bisa dicoba untuk menyelesaikan masalah iphone mati total dan tidak bisa di charge adalah dengan meret pabrik/ factory reset iphone. Caranya melakukannya sama seperti yang pernah dibahas pada artikel Cara Mereset iPhone yang Lupa Password . yang menjelaskan bagaimana cara dan langkah yang harus dilakukan untuk proses reset pabrik karena beberapa tipe iphon memiliki cara yang berbeda.

Lakukan Pengisian Daya

Jika cara reset pabrik tadi tidak bisa dilakukan, kalian bisa coba cara ini terlebih dahulu, yaitu mencoba melakukan pengisian daya dalam waktu 1 sampai 2 jam, ditakutkan baterai mengalami drop yang benar-benar dayanya habis. Kami sangat merekomendasikan proses pengisian daya baterainya menggunakan charger original dan kabel datanya dalam kondisi yang baik.

Hubungkan Dengan Itunes

Dengan program itunes yang ada di Laptop atau PC windows biasanya bisa mendeteksi semua masalah yang ada di iPhone tersebut. Bukan hanya iPhone mati total saja yang bisa dideteksi, iPhone dalam keadaan Hang atau crash saja bisa diketahui oleh software iTunes ini. Cara mengidentifikasinya sebagai berikut :

  1. Langkah pertama adalah sambungkan iphone menggunakan kabel uSB original ya, kemudian reset paksa / reset pabrik seperti diatas tadi sampai iphone bisa masuk ke recovery mode (mode pemulihan).
  2. Jika sukses lanjut klik tombol diperbaharui, untuk mengupdate software iphone kamu, atau bisa juga menggunakan tombol pulihkan untuk menghapus semua data dan dijadikan seperti iphone baru.
  3. Setelah selesai restart iPhone dan akan kembali normal atau hidup kembali.

Service Center

Mungkin yang sering mengalami masalah seperti ini adalah tipe-tipe lama saja. Jadi membawa ke service center di kota terdekat adalah solusi ketika iPhone 6, iPhone 7, atau iPhone 8 mati total dan tidak bisa di charge. iPhone yang bermasalah tadi akan langsung dicek oleh teknisinya dan jika menemukan masalah biasanya langsung konfirmasi kepada anda. dan jika masalahnya lebih besar maka akan dikirim ke service center pusat dengan waktu yang lumayan lama.

Itulah 4 solusi ketika anda mengalami masalah iphone yang mati total dan saat di charge tida mengisi daya. jangan terlalu panik dan langsung memvonis iphonenya rusak harus diservice, cobalah ikuti beberapa cara diatas siapa tau bisa kembali normal tanpa harus diperbaiki yang mengeluarkan biaya lagi.