Jelaskan fungsi musik secara umum..
Jelaskan fungsi musik secara umum..

Pendidikan: Jelaskan fungsi musik secara umum..

Berikut ini jawaban sudah terverifikasi ahli tentang pertanyaan Jelaskan fungsi musik secara umum.. tugas soal  Kelas : 1 SMP Mapel : Seni Budaya Bab : Bermain Musik Ansambel.

Pertanyaan:

Jelaskan fungsi musik secara umum.

Jawaban:

Secara umum fungsi musik adalah untuk dinikmati keindahannya. Fungsi umum ini kemudian menjadi lebih spesifik tergantung di mana musik tersebut dimainkan. Misalnya pada upacara adat tentu fungsinya menjadi lebih spesifik yakni sebagai pengiring, penyampai pesan, sebagai simbol dan lain sebagainya.

Penjelasan:

Namun pada sumber lainnya dituliskan bahwa fungsi musik secara umum (setidaknya) ada 4 yakni:

  • Sebagai upacara adat atau keagamaan
  • Sebagai pengiring tarian
  • Sebagai media untuk berekspresi
  • Sebagai media komunikasi untuk menyampaikan pesan
  • Sebagai hiburan atau pertunjukan
  • Sebagai sarana ekonomi.

Seni musik sendiri diartikan sebagai jenis seni yang menggunakan nada (bunyi) dan syair sebagai media untuk berekspresi.

 

Pelajari:

  • Materi tentang pengertian seni musik.
  • Materi tentang fungsi musik.
  • Materi tentang jenis jenis musik.

 

Di dalam sebuah seni terdapat musik yang dimana seni musik ini mengatur suara untuk menciptakan komposisi (suara) dengan kesatuan dan kontinuitas. Dalam musik, terdapat kesatuan Musik yang terbentuk mengikuti standar ritme, melodi dan harmoni. Berikut dibawah ini merupakan unsur yang terkandung dalam musik yang membentuk suatu komposisi atau lagu :

  • Harmoni

Elemen atau unsur yang menggabungkan lebih dari satu suara dengan treble dan bass yang berbeda.

  • Irama

Unsur irama yaitu unsur suara atau gabungan suara dengan suara yang panjang, pendek atau aksen suara yang berbeda. Irama merupakan dasar dari sebuah seni musik.

  • Melodi

Unsur melodi merupakan susunan bunyi yang tersusun serta dimainkan satu per satu untuk mengungkapkan sebuah gagasan yang membentuk sebuah musik. Melodi juga berfungsi sebagai pengisi dalam komposisi lagu.

Setiap alat musik atau instrumen memiliki suatu objek yang dapat menghasilkan timbre dan ritme. Instrumen memiliki pengaturan khusus dalam meningkatkan sebuah nada dan ritme. Nada yang ditimbulkan berguna untuk membedakan antara benda yang tergolong alat musik dan benda yang bukan alat musik. Musik tradisional atau musik lokal merupakan musik yang dimainkan dengan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dalam rangka untuk mewujudkan budaya lokal itu sendiri. Musik tradisional biasanya di gunakan untuk sebuah upacara adat dan acara keagamaan di daerah tersebut. Alat musik tradisional adalah alat yang telah ada secara turun temurun serta merupakan jenis alat musik yang masih bertahan hingga saat ini dan dianggap sebagai warisan budaya.. Contoh alat musik tradisional adalah tifa. Alat musik tifa berasal dari wilayah timur indonesia yaitu Papua.

Kesimpulan:

Jadi Musik secara umum berfungsi sebagai iringan tarian, upacara adat, dan acara keagamaan.