Android 13 Bermasalah Saat Pengisian Daya Nirkabel di HP Google Pixel

Pembaruan pada sistem operasi biasanya akan memaksimalkan kinerja perangkat tersebut, tapi kali ini ada laporan berbeda yang mana Google Pixel yang telah melakukan update os ke Android 13 mengalami masalah pengisian daya nirkabel.

Menurut beberapa laporan pengguna, pengisian daya nirkabel tidak berfungsi di ponsel Google Pixel mereka setelah menginstal pembaruan Android 13. Ponsel Google Pixel tidak mengisi daya saat ditempatkan pada pengisi daya nirkabel atau menampilkan pemberitahuan “Tidak Mengisi Daya”.

Pengguna telah mengalami masalah pengisian daya nirkabel dengan dua generasi Google Pixel Stand. Masalah pengisian daya nirkabel tampaknya terutama memengaruhi Pixel 4 dan Pixel 4 XL, tetapi pengguna model Pixel lainnya juga melaporkan masalah yang sama.

Jika Anda menggunakan ponsel Google Pixel, Anda mungkin ingin menghentikan pembaruan Android 13 untuk saat ini.

Android 13 Tidak Support di Google Pixel

Android 13

Pengisian nirkabel telah menjadi fitur standar pada ponsel Pixel unggulan sejak seri Pixel 3 2018, tetapi pembaruan terbaru tampaknya telah merusak sebagian fitur tersebut. Menurut beberapa pemilik Pixel, pengisian daya nirkabel rusak setelah pemutakhiran Android 13.

Alasan pastinya di sini tidak jelas, tetapi masalahnya tampaknya pada bagaimana perangkat lunak mengontrol pengisian daya pada ponsel Pixel. Saat mengisi daya secara nirkabel (atau kabel, dalam hal ini), perangkat lunak dapat memperlambat atau menghentikan pengisian daya dalam keadaan tertentu. Misalnya, Google secara otomatis menyetel biaya ke 80% jika ponsel Pixel Anda dicolokkan atau ditempatkan pada pengisi daya nirkabel selama beberapa hari.

Dalam hal ini, pengguna yang terpengaruh melaporkan bahwa ponsel mereka tidak merespons pengisi daya nirkabel sama sekali, atau hanya mengisi daya selama beberapa menit sebelum berhenti dan menampilkan pesan “Tidak Mengisi Daya”.

Mereka yang terkena dampak juga mengklaim bahwa ini terjadi terlepas dari pengisi daya yang digunakan. Banyak yang menyebutkan masalah dengan kedua generasi Pixel Stand, tetapi yang lain menyebutkan masalah dengan banyak pengisi daya. Beberapa mengklaim bahwa menyesuaikan pengaturan seperti pengisian adaptif, serta “melupakan” Pixel Stand dapat memperbaiki masalah, tetapi ini tampaknya tidak konsisten berdasarkan laporan pengguna sejauh ini.

Untuk pemilik Pixel 4 dan Pixel 5 yang terkena masalah ini, pemilik dapat menurunkan versi ke Android 12. Sayangnya, untuk pemilik Pixel 6 dan Pixel 6 Pro masih belum ada opsi dan hanya bisa mengunggu masalah ini di perbaiki oleh android.