Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 17 Full Lengkap
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 17 Full Lengkap

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 17 Full Lengkap

Pada kesempatan kali ini Teknobgt akan membahas soal dan kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 17 Pembelajaran 2 dari Buku Tematik Terpadu untuk Kelas 5 SD / MI Kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

Perlu di ketahui juga bahwa yang dibahas kali ini adalah Subtema 1 tentang Organ Gerak Hewan. Kamu juga bisa melihat penjelasan dari semua soal dari Buku Tema 1 kelas 5 ini di Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 SD/MI yang dirangkum secara lengkap.

Pada Buku Tematik 1 halaman 5 ini para siswa diajak untuk mencoba ceritakan rangkaian gambar ilustrasi yang ada di buku tematik 1 halaman 17.

Kunci Jawaban Halaman 17 Tema 1 Kelas 5 SD/MI

Ayo Membaca

Kamu telah mengetahui macam-macam organ gerak dari hewan vertebrata. Namun, ada yang harus kamu ketahui bahwa hewan yang habitatnya di air memiliki sistem gerak yang berbeda, contohnya ikan.

Untuk mengetahuinya, bacalah bacaan berikut.

Gerak Ikan dalam Air

geralam ikan dalam air

Ikan memiliki sistem gerak yang unik. Sistem gerak pada ikan berbeda dengan hewan vertebrata yang lain. Hal tersebut dikarenakan habitat ikan adalah di air.

Salah satu bentuk tubuh yang paling banyak dimiliki oleh hewan air adalah bentuk rudal. Bentuk tubuh ini memungkinkan ikan meliuk ke kiri ke kanan. Bentuk tubuh yang seperti ini juga berfungsi untuk mengurangi hambatan pada saat bergerak di dalam air. Ekor dan sirip ekor yang lebar berfungsi untuk mendorong gerakan ikan dalam air.

Tahukah kamu, ikan dapat berenang karena memanfaatkan bentuk tubuhnya yang unik? Ikan memiliki gelembung renang dalam tubuhnya yang berguna untuk mengatur gerak naik dan turun. Ikan memiliki susunan otot dan tulang belakang yang fleksibel untuk mendorong gerakan ekornya di dalam air. Sebagian besar ikan menggunakan gerak tubuh ke kanan dan ke kiri bersama dengan sirip ekornya untuk menghasilkan gaya dorong ke depan. Ikan yang bergerak dengan sirip samping dan sirip tengah cocok hidup di terumbu karang. Jenis ikan ini tidak dapat berenang secepat ikan yang menggunakan tubuh dan sirip ekornya.

Soal Halaman 17 :

Berdasarkan bacaan tentang “Gerak Ikan dalam Air”, temukan ide pokok dan kalimat pengembang setiap paragrafnya.

Jawaban:

Paragraf 1

Ide Pokok: Ikan memiliki sistem gerak yang unik.
Kalimat Pengembang: Sistem gerak pada ikan berbeda dengan hewan vertebrata yang lain. Hal tersebut dikarenakan habitat ikan adalah di air.

Paragraf 2

Ide Pokok: Bentuk tubuh yang paling banyak dimiliki oleh hewan air adalah bentuk rudal.
Kalimat Pengembang: Bentuk tubuh ini memungkinkan ikan meliuk ke kiri adn ke kanan. Bentuk tubuh yang seperti ini juga berfungsi untuk mengurangi hambatan pada saat bergerak di dalam air. Ekor dan sirip ekor yang lebar berfungsi untuk mendorong gerakan ikan dalam air.

Paragraf 3

Ide Pokok: Ikan dapat berenang karena memanfaatkan bentuk tubuhnya yang unik.
Kalimat Pengembang: Ikan memiliki gelembung renang dalam tubuhnya yang berguna untuk mengatur gerak naik dan turun. Ikan memiliki susunan otot dan tulang belakang yang fleksibel untuk mendorong gerakan ekornya di dalam air. Sebagian besar ikan menggunakan gerak tubuh ke kanan dan ke kiri bersama dengan sirip ekornya untuk menghasilkan gaya dorong ke depan. Ikan yang bergerak dengan sirip samping dan sirip tengah cocok hidup di terumbu karang. Jenis ikan ini tidak dapat berenang secepat ikan yang menggunakan tubuh dan sirip ekornya.

Ayo Renungkan

Soal :

1. Buatlah sebuah karangan singkat dengan ide pokok berikut ini.

Paragraf 1: Aku mempunyai hewan kesayangan.
Paragraf 2: Aku bermain dengan hewan kesayanganku setiap hari.
Paragraf 3: Aku rajin memberinya makan.
Pargaraf 4: Aku rajin membersihkan tubuh dan kandangnya.

Rabby Kelinci Kecilku

Aku mempunyai hewan kesayangan. Hewan kesayanganku adalah seekor anak kelinci yang kuberinama Rabby. Memiliki hewan peliharaan merupakan hal yang menyenangkan bagiku. Apalagi hewan peliharaan tersebut sudah memiliki kedekatan seperti layaknya seorang sahabat. Hal itulah yang membuat aku mau  memiliki hewan peliharaan.

Aku bermain dengan hewan. kesayanganku setiap hari. Rabby merupakan anak kelinci yang ramah dan setia. Hampir setiap hari aku bermain dengannya. Aku dan Rabby juga sering bermain sambil becanda dan berkejar-kejaran. Dia mengejarku sambil meloncat-loncat dan mengibaskan ekornya.

Aku rajin memberinya makan. Aku memberi makan Rabby secara teratur, tiga kali sehari. Dia menyukai hampir semua makanan yang aku berikan padanya, misalnya, sayuran dan buah-buahan. Dia hanya minum air putih karena aku tak perna memberinya susu.

Aku rajin membersihkan tubuh dan kandangnya. Aku memandikannya tiga kali seminggu. Kadang aku membawanya ke dokter hewan untuk memeriksakan kesehatannya. Selain itu kandangnya aku bersihkan hampir setiap hari. Semua aku lakukan agar Rabby tumbuh dengan sehat dan dapat menemaniku saat ada di rumah.

2. Perbedaan organ gerak pada hewan vertebrata merupakan karunia dan bentuk keadilan Tuhan. Amatilah salah satu binatang yang ada di sekitarmu. Catatlah gerakan-gerakan yang dilakukan hewan tersebut dan organ gerak yang digunakan. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

Cara bergerak hewan yang ada di udara berbeda dengan cara bergerak hewan yang ada di dalam air. Hewan udara contohnya yaitu burung. Burung-burung dapat terbang karena bentuk tubuhnya memiliki gaya angkat yang lebih besar, sehingga dapat melepaskan dari dari pengaruh gaya gravitasi bumi.

Karakteristik Rangka

Bentuk sayap burung memiliki susunan rangka yang kuat namun ringan. Selain itu burung juga diperkuat oleh tulang dada dan otot-otot yang solid dan kekar saat menahan terpaan angin yang kencang pada waktu sedang terbang di udara. Kontruksinya tulang sayap yang kuat dan ringan memberikan gaya angkat yang cukup besar bagi burung saat akan terbang.

Bentuk sayap burung seperti airfoil. Bentuk ini menyebabkan udara yang mengalir di bawah sayap burung mengalir lebih lambat daripada udara yang mengalir di atas sayap burung. Pada waktu burung akan terbang yaitu dengan mengepakkan sayapnya, maka udara akan mengalir ke bagian bawah yang menghasilkan gaya angkat sehingga burung dapat terangkat ke udara atau terbang.

Disclaimer : Ini merupakan pembahasan Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 17 Subtema 1 Pembelajaran 2 yang sifatnya hanya sebagai referensi orangtua untuk membantu anak-anaknya dalam belajar.

Jawaban dari soal-soalnya ini mungkin tidak mutlak kebenarannya, jadi para orang tua dan siswa bisa mengembangkannya menjadi jawaban yang lebih baik dan benar. dengan mencari jawabannya dari buku sekolah sesuai kurikulum yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.