Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 4 Pembelajaran 1
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 4 Pembelajaran 1

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 4 Pembelajaran 1

Halo teman semuanya, kali ini yang akan dibahas adalah soal dan kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 4 Pembelajaran 1 dari Buku Tematik Terpadu untuk Kelas 5 SD / MI Kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

Yang dibahas kali ini adalah Subtema 1 tentang Organ Gerak Hewan dan Manusia. Kamu juga bisa melihat penjelasan dari semua halaman dari Buku Tema 1 kelas 5 ini di Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 SD/MI yang dirangkum secara lengkap.

Untuk lebih jelasnya, kita semua bisa langsung menyimak kalimat yang ada di buku dan kunci jawabannya berikut ini.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 2 Sampai 4

Materi pembelajaran 1 dari Tema 1 ini tentang Organ Gerak Hewan dan Manusia dimulai dari halaman 2 sampai 7. Sedangkan untuk soal-soalnya mulai dari halaman 4, 5 dan 6. Jadi berikut ini adalah pembahasan untuk Kunci jawaban tema 1 kelas 5 halaman 2 3 dan 4 :

Ayo Membaca – Organ Gerak Hewan dan Manusia

Tampilan cerita dari tema 1 pembelajaran 1 organ gerak hewan dan manusia

Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak. Secara umum, gerak dapat diartikan berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh. Makhluk hidup akan bergerak apabila ada rangsangan yang mengenai sebagian atau seluruh bagian tubuhnya.

Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak. Organ gerak berguna untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya.

Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan. Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan. Kerja sama antara kedua alat gerak tersebut membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.

Tulang disebut alat gerak pasif karena tulang tidak dapat bergerak dengan sendirinya. Tanpa adanya alat gerak aktif yang memengaruhi tulang, maka tulang-tulang pada manusia dan hewan akan diam dan tidak dapat membentuk alat pergerakan yang sesungguhnya. Walaupun merupakan alat gerak pasif, akan tetapi tulang mempunyai peranan yang besar dalam sistem gerak manusia dan hewan.

Otot disebut alat gerak aktif karena otot memiliki suatu senyawa kimia yang membuatnhya dapat bergerak. Pada saat otot yang menempel pada tulang bergerak, otot tersebut akan membuat tulang bergerak.

Ayo Berlatih

Teks berjudul “Organ Gerak Manusia dan Hewan” terdiri atas lima paragraf. Masing-masing paragraf tersusun dari ide atau gagasan pokok ditambah dengan kalimat-kalimat pengembang.

Ide pokok adalah gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf. Ide pokok disajikan ke dalam bentuk kalimat utama. Kalimat utama yang memuat ide pokok ini bisa berada di awal paragraf, di tengah paragraf, atau di akhir paragraf.

Contoh:

PARAGRAF 1

Ide Pokok : Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak.

Kalimat Pengembang : Secara umum gerak dapat diartikan berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh makhluk hidup.

Soal Halaman 4 :

Berdasarkan informasi di atas, temukan ide pokok dan kalimat pengembang dari masing-masing paragraf.

Jawaban:

Paragraf 2

Ide Pokok: Gerak manusia dan hewan menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak.

Kalimat Pengembang:

Organ gerak membantu manusia dan hewan untuk berjalan, berlari, melompat, memegang, memanjat, berenang dan lainnya.

Paragraf 3

Ide Pokok: Organ gerak manusia dan hewan memiliki persamaan yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot.

Kalimat Pengembang:

Alat gerak pada manusia dan hewan memiliki kesamaan, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini bekerja sama dalam melakukan pergerakan. Kerja sama antara kedua alat gerak tersebut membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.

Paragraf 4

Ide Pokok: Tulang adalah alat gerak pasif.

Kalimat Pengembang:

Tanpa adanya alat gerak aktif yang memengaruhi tulang, maka tulang-tulang pada manusia dan hewan akan diam dan tidak dapat membentuk alat pergerakan yang sesungguhnya. Walaupun merupakan alat gerak pasif, akan tetapi tulang mempunyai peranan yang besar dalam sistem gerak manusia dan hewan.

Paragraf 5

Ide Pokok: Otot adalah alat gerak aktif.

Kalimat Pengembang:

Pada saat otot yang menempel pada tulang bergerak, otot tersebut akan membuat tulang bergerak.

Disclaimer : Ini merupakan pembahasan Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 4 Pembelajaran 1 yang sifatnya hanya sebagai referensi orangtua untuk membantu anak-anaknya dalam belajar.

Jawaban dari soal-soalnya ini mungkin tidak mutlak kebenarannya, jadi para orang tua dan siswa bisa mengembangkannya menjadi jawaban yang lebih baik dan benar. dengan mencari jawabannya dari buku sekolah sesuai kurikulum yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.