Bacaan Sholat Magrib: Cara Melaksanakan Sholat Magrib dengan Benar

Sholat merupakan salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim. Salah satu sholat yang wajib dilakukan adalah sholat magrib. Dalam melaksanakan sholat magrib, ada beberapa bacaan yang harus dibaca dengan benar. Berikut ini adalah penjelasan mengenai bacaan sholat magrib.

1. Niat Sholat Magrib

Sebelum melaksanakan sholat magrib, sebaiknya kita membaca niat terlebih dahulu. Niat sholat magrib dapat dibaca dengan kalimat “Aku niat sholat magrib dua rakaat karena Allah ta’ala”.

2. Takbiratul Ihram

Setelah membaca niat, kita harus membaca takbiratul ihram. Takbiratul ihram dapat dibaca dengan kalimat “Allahu Akbar”.

3. Membaca Surat Al-Fatihah

Setelah membaca takbiratul ihram, kita harus membaca surat Al-Fatihah. Surat Al-Fatihah merupakan surat yang wajib dibaca pada setiap rakaat sholat.

4. Membaca Surat Pendek

Setelah membaca surat Al-Fatihah, kita dapat membaca surat pendek seperti surat Al-Ikhlas atau surat Al-Lahab.

5. Ruku’

Setelah membaca surat pendek, kita harus melakukan ruku’. Ruku’ dapat dilakukan dengan membungkukkan badan dan membaca kalimat “Subhanallah”. Setelah itu, kita harus kembali ke posisi berdiri.

6. I’tidal

Setelah kembali ke posisi berdiri, kita harus membaca kalimat “Sami’Allahu liman hamidah” dan “Rabbana wa lakal hamd”.

7. Sujud Pertama

Setelah membaca i’tidal, kita harus melakukan sujud pertama. Sujud pertama dapat dilakukan dengan membungkukkan badan dan membaca kalimat “Subhanallah”. Setelah itu, kita harus kembali ke posisi duduk.

8. Tahiyat Awal

Setelah kembali ke posisi duduk, kita harus membaca tahiyat awal. Tahiyat awal dapat dibaca dengan kalimat “At-tahiyyatu lillahi was-shalawatu wat-tayyibatu. As-salamu ‘alaika ayyuhan-nabiyyu wa rahmatullahi wa barakatuh. As-salamu ‘alaina wa ‘ala ‘ibadillahis-salihin”.

9. Tahiyat Akhir

Setelah membaca tahiyat awal, kita harus membaca tahiyat akhir. Tahiyat akhir dapat dibaca dengan kalimat “As-salamu ‘alaina wa ‘ala ‘ibadillahis-salihin. Ash-hadu an la ilaha illallah wa ash-hadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuluh”.

10. Sujud Kedua

Setelah membaca tahiyat akhir, kita harus melakukan sujud kedua. Sujud kedua dapat dilakukan dengan membungkukkan badan dan membaca kalimat “Subhanallah”. Setelah itu, kita harus kembali ke posisi duduk.

11. Tahiyat Akhir (Ulang)

Setelah kembali ke posisi duduk, kita harus membaca tahiyat akhir kembali. Tahiyat akhir dapat dibaca dengan kalimat “As-salamu ‘alaina wa ‘ala ‘ibadillahis-salihin. Ash-hadu an la ilaha illallah wa ash-hadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuluh”.

12. Salam

Setelah membaca tahiyat akhir, kita harus membaca salam. Salam dapat dibaca dengan kalimat “As-salamu ‘alaikum wa rahmatullah” ke arah kanan dan kiri.

13. Mengulang Sholat Magrib

Jika kita ingin mengulang sholat magrib, maka kita harus berdiri kembali dan membaca niat sholat magrib.

14. Waktu Pelaksanaan Sholat Magrib

Waktu pelaksanaan sholat magrib dimulai setelah matahari terbenam dan berakhir sebelum terjadinya sholat isya.

15. Keutamaan Sholat Magrib

Sholat magrib memiliki banyak keutamaan seperti membuka pintu surga, menghapus dosa-dosa, dan memberikan ketenangan hati.

16. Syarat Sahnya Sholat Magrib

Beberapa syarat sahnya sholat magrib antara lain sudah waktunya, berpakaian yang sopan, dan menghadap kiblat.

17. Keutamaan Membaca Surat Al-Fatihah

Membaca surat Al-Fatihah memiliki banyak keutamaan seperti dijadikan sebagai doa, melindungi dari segala macam bahaya, dan mendatangkan kebahagiaan.

18. Keutamaan Sujud

Sujud memiliki banyak keutamaan seperti menghapus dosa-dosa, meningkatkan iman, dan mendatangkan kemuliaan.

19. Keutamaan Membaca Surat Pendek

Membaca surat pendek memiliki banyak keutamaan seperti mempercepat datangnya rezeki, menjauhkan dari kesulitan hidup, dan mendatangkan keberuntungan.

20. Kesimpulan

Sholat magrib merupakan salah satu sholat wajib bagi umat muslim. Dalam melaksanakan sholat magrib, kita harus membaca beberapa bacaan dengan benar seperti niat, takbiratul ihram, surat Al-Fatihah, surat pendek, ruku’, i’tidal, sujud, tahiyat awal, tahiyat akhir, dan salam. Sholat magrib memiliki banyak keutamaan dan syarat sahnya sholat magrib harus dipenuhi. Semoga artikel ini bermanfaat.