Cara Mengecilkan Size PDF di Komputer

Halo Sobat TeknoBgt! Apakah kamu sering mengalami kendala saat mengirim dokumen PDF karena ukurannya yang terlalu besar? Jangan khawatir, kamu tidak sendirian. Banyak orang mengalami hal yang sama. Saat ini, dokumen PDF menjadi format file yang populer dan sering digunakan. Namun, terkadang ukuran file yang besar membuat pengiriman lebih sulit. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan memberikan tips dan trik cara mengecilkan size PDF di komputer. Mari kita mulai!

1. Menggunakan Adobe Acrobat

Jika kamu sudah terbiasa menggunakan Adobe Acrobat atau ingin menggunakan software ini, berikut adalah cara mengecilkan size PDF di Adobe Acrobat:

  1. Open dokumen PDF yang ingin kamu perkecil ukurannya.
  2. Pada menu toolbar, pilih File dan kemudian pilih Save As Other.
  3. Pilih Reduced Size PDF.
  4. Pilih OK, dan simpan dokumen PDF yang baru.

Setelah itu, kamu akan memiliki dokumen PDF dengan ukuran yang lebih kecil.

Keuntungan Menggunakan Adobe Acrobat

Menggunakan Adobe Acrobat sangat mudah karena sudah terintegrasi dengan fitur-fitur yang dibutuhkan untuk mengedit PDF. Selain itu, Adobe Acrobat juga menyediakan fitur untuk mengoptimalkan ukuran PDF. Kamu bisa memilih opsi mengecilkan ukuran PDF tanpa menghilangkan kualitas, atau mengurangi kualitas gambar untuk mengecilkan ukuran file.

Kerugian Menggunakan Adobe Acrobat

Untuk menggunakan Adobe Acrobat, kamu harus membeli lisensi. Jika kamu hanya melakukan pengurangan ukuran PDF secara sporadis, maka biaya ini mungkin terlalu mahal. Selain itu, jika kamu belum terbiasa menggunakan Adobe Acrobat, kamu mungkin butuh waktu untuk belajar menggunakan software ini.

2. Menggunakan Online PDF Compressor

Jika kamu tidak ingin mengeluarkan biaya untuk membeli Adobe Acrobat, kamu bisa menggunakan online PDF compressor. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka browser dan kunjungi website online PDF compressor.
  2. Upload dokumen PDF yang ingin kamu perkecil ukurannya.
  3. Pilih opsi untuk mengurangi ukuran file.
  4. Tunggu beberapa saat sampai proses pengurangan ukuran file selesai.
  5. Setelah itu, download dokumen PDF yang baru dengan ukuran file yang lebih kecil.

Beberapa online PDF compressor terkenal adalah SmallPDF dan ILovePDF. Kedua website ini sangat mudah digunakan dan gratis.

Keuntungan Menggunakan Online PDF Compressor

Pertama-tama, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakan online PDF compressor. Selain itu, kamu bisa mengakses website ini dari mana saja dan kapan saja, asalkan kamu memiliki koneksi internet. Terakhir, kamu tidak perlu menginstal software apapun di komputermu.

Kerugian Menggunakan Online PDF Compressor

Walaupun menggunakan online PDF compressor sangat mudah digunakan, tetapi kamu harus berhati-hati dalam memilih website untuk mengakses layanan ini. Terkadang, beberapa website bisa meminta kamu untuk memberikan informasi pribadi, dan kamu tidak ingin data pribadimu bocor ke tangan yang salah.

3. Menggunakan Microsoft Word

Jika kamu tidak memiliki Adobe Acrobat, tetapi kamu memiliki Microsoft Word, kamu bisa menggunakan software ini untuk mengecilkan ukuran dokumen PDF. Berikut adalah cara mengecilkan size PDF di Microsoft Word:

  1. Buka dokumen PDF di Microsoft Word.
  2. Pada menu toolbar, pilih File dan kemudian pilih Save As.
  3. Pilih Optimized PDF.
  4. Pilih Minimum Size untuk mengurangi ukuran file, atau Standard untuk mengejar kualitas yang lebih baik.
  5. Pilih OK, dan simpan dokumen PDF yang baru.

Setelah itu, kamu akan memiliki dokumen PDF dengan ukuran yang lebih kecil.

Keuntungan Menggunakan Microsoft Word

Menggunakan Microsoft Word sangat mudah karena aplikasi ini sudah terpasang di komputermu. Selain itu, kamu bisa mengedit dokumen PDF dan menambahkan teks atau gambar, sehingga kamu tidak perlu menggunakan software lain.

Kerugian Menggunakan Microsoft Word

Menggunakan Microsoft Word untuk mengecilkan ukuran dokumen PDF bisa menghasilkan kualitas yang lebih rendah dibandingkan dengan Adobe Acrobat atau online PDF compressor.

4. Menggunakan PDFsam

PDFsam adalah software open-source untuk mengedit PDF. Kamu bisa menggunakan PDFsam untuk mengecilkan ukuran dokumen PDF. Berikut adalah cara mengecilkan size PDF di PDFsam:

  1. Install PDFsam di komputermu.
  2. Buka PDFsam dan pilih opsi untuk mengurangi ukuran file.
  3. Upload dokumen PDF yang ingin kamu perkecil ukurannya.
  4. Tunggu beberapa saat sampai proses pengurangan ukuran file selesai.
  5. Setelah itu, download dokumen PDF yang baru dengan ukuran file yang lebih kecil.

Keuntungan Menggunakan PDFsam

PDFsam adalah software open-source, yang artinya kamu bisa menggunakannya secara gratis. Selain itu, PDFsam sangat mudah digunakan dan kamu bisa mengakses fitur-fiturnya dengan cepat.

Kerugian Menggunakan PDFsam

Jika kamu tidak terbiasa menggunakan software open-source, kamu mungkin butuh waktu untuk mempelajari cara kerjanya. Selain itu, tidak semua fitur yang ada di Adobe Acrobat tersedia di PDFsam.

5. Menggunakan Ghostscript

Ghostscript adalah software open-source untuk mengedit PDF. Kamu bisa menggunakan Ghostscript untuk mengecilkan ukuran dokumen PDF. Berikut adalah cara mengecilkan size PDF di Ghostscript:

  1. Install Ghostscript di komputermu.
  2. Buka command prompt dan ketik perintah untuk mengecilkan ukuran file PDF.
  3. Simpan dokumen PDF yang baru dengan ukuran file yang lebih kecil.

Berikut adalah contoh perintah untuk mengecilkan ukuran file di Ghostscript:

gswin32c.exe -sDEVICE=pdfwrite -dCompatibilityLevel=1.4 -dPDFSETTINGS=/screen -dNOPAUSE -dQUIET -dBATCH -sOutputFile=output.pdf input.pdf

Perintah di atas akan mengecilkan ukuran file PDF dengan tingkat kualitas rendah. Jika kamu ingin mengejar kualitas yang lebih baik, kamu bisa mengubah nilai pada argumen -dPDFSETTINGS menjadi /ebook, /printer, atau /prepress.

Keuntungan Menggunakan Ghostscript

Ghostscript adalah software open-source, yang artinya kamu bisa menggunakannya secara gratis. Selain itu, Ghostscript adalah salah satu software tercepat untuk mengurangi ukuran file PDF.

Kerugian Menggunakan Ghostscript

Jika kamu tidak terbiasa menggunakan command prompt, kamu mungkin butuh waktu untuk mempelajari cara kerjanya. Selain itu, tidak semua fitur yang ada di Adobe Acrobat tersedia di Ghostscript.

FAQ

1. Apa itu dokumen PDF?

Dokumen PDF (Portable Document Format) adalah format file yang dibuat oleh Adobe Systems. Dokumen PDF bisa menampilkan teks, gambar, grafik, dan elemen-elemen multimedia lainnya. Format file PDF sangat populer karena bisa dibuka di berbagai platform dan perangkat.

2. Apa yang membuat ukuran dokumen PDF menjadi besar?

Ukuran dokumen PDF bisa menjadi besar karena adanya berbagai elemen dalam dokumen, seperti gambar, grafik, dan video. Selain itu, jika kamu menggunakan font yang tidak terinstall pada komputer penerima, maka dokumen PDF akan memasukkan font tersebut ke dalam file, sehingga ukurannya menjadi lebih besar.

3. Apa yang harus dilakukan jika dokumen PDF terlalu besar untuk dikirim melalui email?

Jika dokumen PDF terlalu besar, kamu bisa menggunakan salah satu metode yang telah kami bahas, seperti menggunakan Adobe Acrobat, online PDF compressor, Microsoft Word, PDFsam, atau Ghostscript untuk mengecilkan ukurannya.

4. Apa yang terjadi jika ukuran dokumen PDF terlalu besar?

Jika ukuran dokumen PDF terlalu besar, maka akan memakan waktu yang lebih lama untuk mengirim dan menerima file. Selain itu, beberapa provider email atau server dapat membatasi ukuran file yang dikirim melalui email.

5. Apakah hasil dari proses pengurangan ukuran dokumen PDF bisa mempengaruhi kualitas dari dokumen tersebut?

Hasil dari proses pengurangan ukuran dokumen PDF bisa mempengaruhi kualitas dari dokumen tersebut. Jika kamu menggunakan online PDF compressor, kamu harus memperhatikan opsi yang dipilih. Jika kamu menggunakan software lain, seperti Adobe Acrobat atau Microsoft Word, kamu dapat memilih opsi mengecilkan ukuran PDF tanpa menghilangkan kualitas, atau mengurangi kualitas gambar untuk mengecilkan ukuran file.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Mengecilkan Size PDF di Komputer