OTG Adalah, Apa Itu dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

OTG adalah singkatan dari Orang Tanpa Gejala. Artinya, seseorang yang terinfeksi virus corona tetapi tidak menunjukkan gejala apapun. Sebenarnya, OTG bisa menjadi sumber penyebaran virus corona yang sangat berbahaya karena orang-orang yang terinfeksi ini tidak menyadari bahwa mereka membawa virus dan bisa menularkannya ke orang lain.

Bagaimana Cara Mengetahui Seseorang Terinfeksi OTG?

Sayangnya, tidak ada cara pasti untuk mengetahui seseorang terinfeksi OTG atau tidak. Hanya tes PCR (Polymerase Chain Reaction) atau Rapid Test yang bisa menunjukkan apakah seseorang terinfeksi atau tidak. Namun, tes ini hanya bisa dilakukan di laboratorium kesehatan dan tidak bisa dilakukan sendiri di rumah.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Mengatasi OTG tidak jauh berbeda dengan cara mengatasi orang yang sudah menunjukkan gejala virus corona. Jika Anda merasa terpapar virus corona, maka berikut adalah hal-hal yang perlu Anda lakukan:

1. Isolasi Diri

Jika Anda merasa terpapar virus corona atau sudah dinyatakan positif, maka isolasi diri adalah hal yang harus dilakukan. Isolasi diri dilakukan untuk mencegah penyebaran virus ke orang lain. Lakukan isolasi diri minimal selama 14 hari.

2. Menjaga Kesehatan

Jaga kesehatan Anda dengan mengonsumsi makanan yang sehat, berolahraga, dan istirahat yang cukup. Jangan lupa untuk minum banyak air agar tubuh tetap terhidrasi.

3. Menggunakan Masker

Gunakan masker saat Anda keluar rumah. Masker bisa membantu mencegah penyebaran virus corona ke orang lain jika Anda terinfeksi.

4. Menghindari Kerumunan

Jangan mengunjungi tempat-tempat yang ramai dan hindari kerumunan. Hal ini bisa membantu mencegah penyebaran virus corona.

5. Mengikuti Protokol Kesehatan

Mengikuti protokol kesehatan seperti mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer, menjaga jarak, dan tidak menyentuh wajah tanpa mencuci tangan terlebih dahulu adalah hal-hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Apakah OTG Perlu Dirawat di Rumah Sakit?

Sebagai orang yang tidak menunjukkan gejala apapun, sebenarnya OTG tidak memerlukan perawatan khusus di rumah sakit. Namun, jika Anda merasa gejalanya semakin berat seperti kesulitan bernapas, maka segera periksakan diri ke dokter atau ke rumah sakit terdekat.

Kesimpulan

OTG atau Orang Tanpa Gejala bisa menjadi sumber penyebaran virus corona yang sangat berbahaya. Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk mengikuti protokol kesehatan dan menjaga kesehatan agar terhindar dari virus corona. Jika merasa terpapar virus, lakukan isolasi diri dan periksakan diri ke dokter atau rumah sakit terdekat.