fbpx
perbedaan deskjet inkjet laserjet

Apa Sih Perbedaan Printer Deskjet, Inkjet, Laserjet dan LED?

Printer saat ini merupakan salah satu perangkat yang paling anda butuhkan didalam suatu perusahaan, sekolah, kampus, ataupun dirumah jika ingin mencetak suatu dokumen. Dan saat ini berbagai macam tipe dan fungsi printer sudah begitu banyak tentunya didukung dengan teknologi-teknologi terbaru. Nah artikel ini teknobgt.com akan mengulas tipe-tipe printer, seperti perbedaan Deskjet, Inkjet dan Laserjet.

Untuk kalian yang ingin memiliki perangkat printer, mungkin harus lebih paham terlebih dahulu perbedaan jenis printer yang ada ditoko-toko, dan tentunya sesuai dengan yang kita butuhkan. atau Anda bisa membaca artikel Tips memilih printer terbaik 2020 yang sudah kita rilis.

3 Jenis Printer Yang Harus diKetahui

Sesuai dengan judul diatas bahwa ada 3 jenis printer yang menggunakan teknologi berdeda-beda didalamnya, meskipun kita kita pasti paham perbedaannya jika dibaca saja sudah jelas berbeda, tetapi pemahamannya, atau jika kita jelaskan akan bingung sendiri. Nah untuk yang belum tahu dan mengerti apa saja yang membedakannya, berikut ini jenis-jenis printernya.

Printer Deskjet dan Inkjet

printer deskjet inkjet

Printer deskjet dan inkjet sebenarnya memiliki perangkat kerja yang sama yaitu sama-sama menggunakan basis tinta dan menggunakan cartridge. Jadi apa sebenarnya perbedaan dari kedua jenis printer ini? Sebenarnya sama saja sih kedua jenis ini tetapi produk printer yang dikeluarkan oleh HP (Hewlett-Packard) menamakan printer tintanya dengan sebutan Deskjet dan Office Jet, dan yang terbaru ini menggunakan nama Ink Tank karena sudah menggunakan sistem infus atau tangki tinta bawaan yang didesain sudah dalah 1 bodi printer.

Nah sedangkan penamaan InkJet lebih banyak digunakan oleh Printer Canon, Epson dan Brother. Jadi perbedaannya ada pada ketika anda memasang infus di tipe printer ini. Pada printer deskjet sistem tintanya akan mengisap hanya pada saat mencetak, sedangkan pada jenis printer inkjet ini ketika cleaning proses aliran tinta jadi lebih deras.

inkjet printing system
sumber : britannica.com

Sistem yang bekerja pada printer deskjet sangat berbeda dengan printer laserjet ataupun printer LED. Pada saat mencetak dokumen di printer deskjet, maka print head (cartridge) akan bergerak untuk menyemprotkan tinta pada kertas yang masuk dan digerakkan oleh roller.

Kualitas dari hasil cetakannya sangat memuaskan tetapi itu tergantung dari tipe printer yang digunakan ya, biasanya semakin mahal harga printernya maka semakin tinggi kualitas hasil cetakannya. atau bisa jgua dilihat dari nama dan tipe printer itu sendiri. Hasil cetakannya tentu lebih lama keringnya dibandingkan dengan hasil cetakan dari printer laserjet.

Printer LaserJet

printer laserjet hp

Printer Laserjet ini menggunakan teknologi laser untuk proses mencetak dokumennya dan memiliki kecepatan cetak yang sangat baik atau lebih cepat jika dibandingkan dengan printer deskjet. Sistem Elektrostatis yang digunakan oleh Laserjet untuk menjalankan tugas mencetaknya.

Photoreceptor Drum merupakan bagian dalam printer yang akan diberi muatan positif oleh PCR (Primary Charging Roller), Nah setelah itu barulah printer akan menyorotkan sinar/cahanya dengan memanfaatkan cermin didalam printer sebagai media pantulan cahanya untuk membentuk hasil pada media kertas sesuai dengan printer cetaknya. Sinar lasernya ada dimatikan jika ada space ruang kosong saat proses

Laserjet Printing System

Printer laserjet bekerja menggunakan prinsip elektrostatis. Bagian printer yang bernama Photoreceptor Drum akan diberi muatan positif oleh Primary Charging Roller (PCR), barulah kemudian printer akan menyorotkan cahaya pada Photoreceptor Drum tadi dengan memanfaatkan cermin di dalam printer sebagai media pemantul cahaya untuk membentuk titik-titik yang menghasilkan tulisan atau gambar. Laser ini akan dimatikan jika ada bagian kosong yang akan dicetak pada halaman kertas yang digunakan.

Printer LED

printer LED brother

Printer LED merupakan teknologi terbaru yang diterapkan pada perangkat printer, tetapi sebenarnya cara kerjanya hampir sama dengan Laserjet. Yang membedakan antara Printer LED dan Laserjet adalah pada sistem kerja didalamnya, jika pada Laserjet memantulkan cahaya pada cermin untuk proses cetaknya, Nah sedangkan pada Printer LED melakukan proses cetaknya dengan cara semacam dioda yang memancarkan cahaya agar bisa membakar / mencetak tulisan / gambar pada kertas yang masuk kedalam printer.

LED Printer Technology

Nah itu saja sih sebenarnya perbedaan Deskjet Inkjet Laserjet dan LED, semoga bisa membantu anda yang sedang kebingungan dan mencari informasi perbedaannya. Ini juga bisa menjadi sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan pilihan saat ingin membeli perangkat printer, Jika digunakan untuk rumahan saja seperti mencetak tugas sekolah atau pekerjaan yang penggunaannya sesekali saja maka printer Inkjet bisa jadi pilihan utama karena harganya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan Laserjet atau LED. Tapi jika anda membutuhkan printer dengan penggunakan cetaknya tinggi atau digunakan setiap harinya bisa memilih tipe Laserjet atau LED.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

perbedaan deskjet dan inkjet Cara vermin game worms zone Perbandingan desk