Untuk mempelajari masalah banjir, selain mengidentifikasi kondisi fisik di lokasi tempat terjadinya banjir perlu juga mengidentifikasi gagasan dan perilaku masyarakat setempat dalam mengelola alam di lokasi tersebut

Untuk mempelajari masalah banjir, selain mengidentifikasi kondisi fisik di lokasi tempat terjadinya banjir perlu juga mengidentifikasi gagasan dan perilaku masyarakat setempat dalam mengelola alam di lokasi tersebut

Untuk mempelajari masalah banjir, selain mengidentifikasi kondisi fisik di lokasi tempat terjadinya banjir perlu juga mengidentifikasi gagasan dan perilaku masyarakat setempat dalam mengelola alam di lokasi tersebut. Pendekatan yang sesuai untuk kasus tersebut adalah….

a. pendekatan keruangan
b. pendekatan ekologi
c. pendekatan korologi
d. pendekatan kewilayahan
e. pendekatan kompleks wilayah

Jawaban : e. pendekatan kompleks wilayah

Perspektif geografi dapat dilihat dari pendekatan geografi. Pendekatan geografi adalah hal-hal yang menjadi objek formal geografi. Objek formal geografi merupakan sudut pandang terhadap suatu gejala yang ada di muka bumi, baik yang bersifat fisik atau sosial yang dilihat dari sudut pandang keruangan (spasial).

Pendekatan geografi terdiri dari 3 jenis, salah satunya adalah pendekatan kelingkungan (ekologi). Pendekatan kelingkungan (ekologi), yaitu suatu cara pandang atau pendekatan terhadap keterkaitan fenomena geosfer tertentu dengan variabel lingkungan. Pendekatan kelingkungan dalam kerangka analisis mengaitkan hubungan antara makhluk hidup dan lingkungan alam di suatu ruang.

👉 TRENDING:  Negara adalah organisasi dalam suatu wilayah dapat memaksakan kekuasaannya secara sah terhadap semua golongan kekuasaan lainnya dan yang dapat menetapkan tujuan-tujuan dari kehidupan bersama itu. pendapat tersebut dikemukakan oleh

Jika dikaitkan dengan ilustrasi pada soal yaitu mempelajari masalah banjir, mengidentifikasi kondisi fisik di lokasi tempat terjadinya banjir, serta mengidentifikasi gagasan dan perilaku masyarakat setempat dalam mengelola alam di lokasi tersebut, maka dapat diambil kesimpulan bahwa prinsip yang sesuai adalah pendekatan kelingkungan/ekologi. Hal itu dikarenakan fenomena banjir berhubungan dengan masyarakat setempat dan lingkungan sekitarnya. Jadi, jawaban yang benar adalah E.

Disclaimer : Ini merupakan pembahasan kunci jawaban untuk soal Untuk mempelajari masalah banjir, selain mengidentifikasi kondisi fisik di lokasi tempat terjadinya banjir perlu juga mengidentifikasi gagasan dan perilaku masyarakat setempat dalam mengelola alam di lokasi tersebut. Pendekatan yang sesuai untuk kasus tersebut adalah yang sifatnya sebagai referensi orangtua untuk membantu anak-anaknya dalam belajar.

👉 TRENDING:  Berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan, kecuali

Jawaban dari soal-soalnya ini mungkin tidak mutlak kebenarannya, jadi para orang tua dan siswa bisa mengembangkannya menjadi jawaban yang lebih baik dan benar. dengan mencari jawabannya dari buku sekolah sesuai kurikulum yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.