Berikut ini factor-faktor yang mempengaruhi frekuensi pernapasan adalah
Berikut ini factor-faktor yang mempengaruhi frekuensi pernapasan adalah
Berikut ini factor-faktor yang mempengaruhi frekuensi pernapasan adalah

Berikut ini factor-faktor yang mempengaruhi frekuensi pernapasan adalah

Berikut ini factor-faktor yang mempengaruhi frekuensi pernapasan adalah …

Jawaban :

Berikut ini yang merupakan faktor yang mempengaruhi frekuensi pernapasan adalah usia, jenis Kelamin, suhu Tubuh, posisi tubuh, aktivitas. Frekuensi bernafas adalah kecepatan seseorang melakukan proses bernafas.

Pembahasan :

Frekuensi pernapasan adalah intensitas memasukkan atau mengeluarkan udara per menit, dari dalam tubuh ke luar tubuh maupun dari luar ke dalam tubuh. Pada umumnya intensitas pernapasan pada manusia berkisar antara 16 – 18 kali.

Faktor yang mempengaruhi kecepatan frekuensi pernapasan adalah:

1. Usia

Pada balita memiliki frekuensi pernapasan lebih cepat dibandingkan orang dewasa atau manula. Semakin bertambah usia seseorang maka intensitas pernapasan akan semakin menurun.

👉 TRENDING:  Banjir yang sering terjadi di sekitar pemukiman penduduk di daerah perkotaan akibat semakin dangkal dasar sungai. pendangkalan sungai terjadi akibat adanya penduduk yang membuang sampah ke sungai. pendekatan geografi untuk mengkaji hal tersebut adalah

2. Jenis Kelamin

Pada laki-laki memiliki frekuensi pernapasan lebih cepat dibandingkan perempuan. Hal ini disebabkan karena akrivitas, berat badan, masa otot lebih besar laki-laki dari pada perempuan.

3. Suhu Tubuh

Semakin tinggi suhu tubuh misal saat demam, maka frekuensi pernapasan akan semakin cepat. Pada Lingkungan yang panas tubuh mengalami peningkatan metabolisme untuk mempertahankan suhu agar tetap stabil. Oleh karena itu tubuh harus lebih banyak mengeluarkan keringat untuk menurunkan suhu tubuh. Aktivitas ini membutuhkan energi yang diperoleh dari peristiwa oksidasi atau bernafas dengan menggunakan oksigen sehingga akan dibutuhkan oksigen yang lebih banyak untuk meningkatkan frekuensi

4. Posisi Tubuh

Frekuensi pernapasan ditentukan posisi tubuh misalnya frekuensi pernafasan akan meningkat saat berjalan atau berlari dibandingkan posisi diam. Frekuensi pernapasan pada saat posisi berdiri lebih cepat dibandingkan posisi duduk.

👉 TRENDING:  Biografi tokoh dapat memberikan titik-titik bagi orang lain

Frekuensi pernapasan posisi tidur terlentang lebih cepat dibandingkan pada saat posisi tengkurap

5. Aktivitas

Semakin tinggi aktivitas seseorang, maka frekuensi pernapasan akan semakin cepat.

Kapasitas paru-paru merupakan kemampuan paru-paru menampung udara pernapasan. Volume udara pernapasan pada setiap orang berbeda-beda karena tergantung pada ukuran paru-paru, kekuatan bernapas, dan cara bernapas. Umumnya pada orang dewasa, volume paru-paru berkisar antara lima sampai enam liter.