Mengapa pensil yang dimasukkan ke dalam air tampak patah?
Mengapa pensil yang dimasukkan ke dalam air tampak patah?

Mengapa pensil yang dimasukkan ke dalam air tampak patah?

Mengapa pensil yang dimasukkan ke dalam air tampak patah?

Jawaban :

Peristiwa pembelokan jalan cahaya disebut pembiasan ( refraksi ). Pensil yang dimasukkan dalam air akan terlihat sebagiannya patah karena jalan cahaya masuk ke dalam air tidak menempuh lintasan yang sama.

Penjelasan :

Mengapa Pensil Terlihat Patah di Dalam Air?

Cahaya dapat mengalami peristiwa tertentu, seperti pembiasan. Pembiasan terjadi karena adanya pembelokan berkas cahaya yang merambat dari medium satu ke medium lain yang memiliki perbedaan kerapatan optik. Peristiwa pembiasan ini bisa menjawab fenomena pensil yang tampak patah bila di dalam air. Selengkapnya berikut penjelasan mengapa pensil terlihat patah di dalam air?

Penjelasan fisika mengapa pensil terlihat patah di dalam air :

Terkait dengan pembiasan cahaya, berlaku Hukum Pembiasan Cahaya, yaitu:

  • Sinar datang, garis normal, dan sinar bias terletak pada satu bidang datar. (Ketiganya berada pada satu titik).
  • Sinar datang dari medium lebih rapat menuju medium yang kurang rapat dibiaskan menjauhi garis normal.
  • Begitu sebaliknya, sinar datang dari medium kurang rapat ke medium lebih rapat dibiaskan mendekati garis normal.mengapa pensil terlihat patah di dalam air
  • Indeks bias medium adalah rasio/perbandingan antara proyeksi sinar datang dan proyeksi bisa pada bidang pembias.

Disclaimer : Ini merupakan pembahasan kunci jawaban untuk soal Mengapa pensil yang dimasukkan ke dalam air tampak patah? yang sifatnya sebagai referensi orangtua untuk membantu anak-anaknya dalam belajar.

Jawaban dari soal-soalnya ini mungkin tidak mutlak kebenarannya, jadi para orang tua dan siswa bisa mengembangkannya menjadi jawaban yang lebih baik dan benar. dengan mencari jawabannya dari buku sekolah sesuai kurikulum yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.