Home / Gadget / Kamu Tau Nggak, Perbedaan Headset dan Earphone ?
perbedaan headset dengan earphone

Kamu Tau Nggak, Perbedaan Headset dan Earphone ?

Kamu pasti taukan perbedaan antara headset dan earphone ? yaa istilah ini sudah tidak asing lagi bagi kita yang sering menggunakan smarphone ataupun laptop/pc, karena memang kita sering menggunakannya saat mendengarkan musik, menonton video ataupun bermain game agar bisa mendengarkan efek suara yang lebih jelas.

Aksesoris ini sangatlah membantu tetapi banyak diantara kita yang tidak menyadari bahwa headset dan earphone ini memiliki perbedaan yang cukup jauh dari segi bentuknya, tapi kita sering menyebut earphone sebagai headset. Selain itu ada juga istilah headphone dan handsfree yang mana semuanya merupakan aksesoris elektronik dengan kegunaan hampir mirip. Nah biar nggak salah melulu dalam penyebutannya, berikut ini perbedaannya dari 4 aksesoris ini :

Perbedaan Headset, Earphone, Headphone dan Handsfree

Earphone

perbedaan earphone dan headset

Jika dilihat dari fungsi dan kegunaannya ini sebenarnya tidak banyak perbedaan dengan headphone. Tapi bentuknya yang membedakan kedua aksesoris ini, Earphone memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan headphone sehingga sangat cocok untuk digunakan pada smarphone dan juga mudah untuk dibawa kemana saja.

Headset

headset gamer terbaik

Headset adalah aksesoris yang lebih banyak digunakan dengan laptop atau PC. Didesain dengan menggunakan microfon sehingga fungsinya bukan hanya untuk mendengarkan saja tetapi bisa juga untuk interaksi komunikasi suara. Contohnya saja banyak produk headset gamer yang diproduksi, selain itu pelengkap alat komunikasi seperti aplikasi skype, video call ataupun fitur call center agar si operatornya tidak capek memegang gagang telpon.

Headset ini menggunakan 2 jack audio yang berfungsi sebagai input microfon dan outup audio agar kita bisa mendengarkan.

Headphone

perbedaan headphone

Headphone ini adalah aksesoris sederhana dari headset, atau headset tanpa microfon. yang hanya bisa digunakan untuk mendengarkan saja dan tidak bisa digunakan untuk komunikasi suara. Headphone memiliki kualitas suara yang bagus karena memang didesain hanya untuk audio saja sehingga sangat cocok buat kamu aktif bermain game atau untuk mendengarkan musik.

Handsfree

handsfee bluetooth

Handsfree ini bisa dikatakan sebagai earphone yang diberi fitur tambahan mikrofon dan tombol fungsi. Aksesoris ini sangat cocok digunakan untuk melengkapi smartphone anda, Dengan tombol yang berfungsi untuk menerima panggilan dan memutuskan panggilan telepon dan juga menurukan atau menaikan volume suaranya.

Dengan berkembangnya teknologi saat ini, banyak sudah handsfree yang tidak lagi menggunakan kabel sebagai media perantaranya dengan smartphone, melainkan dengan bluetooth sehingga tidak mengganggu aktifitas anda sehari-hari saat menggunakannya. Handsfree dan Earphone ini sebenarnya sama, tetapi orang banyak mengenal dengan sebutan earphone saja.

Nah itulah rangkuman dari teknobgt.com tentang perbedaan headset dan earphone  , dan 2 tambahan aksesoris lainnya seperti headphone dan handsfree. semoga ini bisa lebih membuka wawasan kita dan tidak lagi salah menyebut si aksesorisnya ini.