Mengapa pemanasan global dapat menyebabkan kepunahan spesies jelaskan
Mengapa pemanasan global dapat menyebabkan kepunahan spesies jelaskan
Mengapa pemanasan global dapat menyebabkan kepunahan spesies jelaskan

Mengapa pemanasan global dapat menyebabkan kepunahan spesies jelaskan

Mengapa pemanasan global dapat menyebabkan kepunahan spesies?  jelaskan!

Jawaban:

Pemanasan global dapat menyebabkan terjadinya kepunahan spesies karena spesies memiliki batas toleransi terhadap suhu, kelembaban, kadar air dan sumber makanan.

Penjelasan:

Pemanasan global (global warming) adalah suatu bentuk ketidakseimbangan ekosistem di bumi akibat terjadinya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan di bumi. Pemanasan global diperkirakan telah menyebabkan perubahan-perubahan sistem terhadap ekosistem di bumi, antara lain;

  • perubahan iklim yang ekstrim
  • mencairnya es sehingga permukaan air laut naik
  • serta perubahan jumlah dan pola presipitasi.

Adanya perubahan sistem dalam ekosistem ini telah memberi dampak pada kehidupan di bumi seperti terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser dan punahnya berbagai jenis hewan (fauna) dan tumbuhan (flora).

👉 TRENDING:  Salah satu komponen listrik adalah sekering, yang mempunyai fungsi sebagai

Punahnya berbagai jenis hewan dan tumbuhan dikarenakan hewan dan tumbuhan memiliki batas toleransi terhadap suhu, kelembaban, kadar air dan sumber makanan. Kenaikan suhu global menyebabkan terganggunya siklus air, kelembaban udara dan berdampak pada pertumbuhan tumbuhan sehingga menghambat laju produktivitas primer. Kondisi ini pun memberikan pengaruh terhadap terganggunya habitat dan kehidupan hewan yang dapat mengakibatkan kepunahan hewan.

Disclaimer : Ini merupakan pembahasan kunci jawaban untuk soal “Mengapa pemanasan global dapat menyebabkan kepunahan spesies jelaskan” ini sifatnya sebagai referensi orangtua untuk membantu anak-anaknya dalam belajar.

Jawaban dari soal-soalnya ini mungkin tidak mutlak kebenarannya, jadi para orang tua dan siswa bisa mengembangkannya menjadi jawaban yang lebih baik dan benar. dengan mencari jawabannya dari buku sekolah sesuai kurikulum yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

👉 TRENDING:  Urutan siklus manajemen bencana yang benar adalah