Home / Berita Pilihan / Hati-Hati Virus Berkedok Ucapan Tahun Baru di WhatsApp
virus link di whatsapp

Hati-Hati Virus Berkedok Ucapan Tahun Baru di WhatsApp

Para Hacker atau orang-orang jahat di dunia internet saat ini memiliki cara baru untuk menyerang para pengguna smartphone, yaitu dengan cara menyebarkan virus di Aplikasi Whatsapp dengan berpura-pura menyebarkan ucapan selamat tahun baru yang disertakan link didalamnya.

Meskipun sederhana, tetapi cara para hacker nakal ini telah banyak memakan korban, apalagi mereka yang awam dan kurang paham tentang hal seperti itu. Jadi link yang ada diucapan selamat tahun baru ini bisa menyerang pengguna whatsapp dengan mencuri data yang ada di smartphone maupun komputer / laptop. Serangan ini mulai disebut sebagai “Ne Year Virus”

Seperti techno.okezone.com yang melansir dari laman Somag News, Senin (6/1/2020) virus WhatsApp tersebut bekerja dengan sederhana, yakni dengan menyebar melalui pesan ucapan Tahun Baru yang berisi tautan berbahaya. Umumnya, karena bertepatan dengan momen tahun baru, pengguna akan membuka link karena merasa penasaran dengan ucapan tersebut.

Dengan mengklik tautan, virus nantinya mampu meretas perangkat dan membanjiri pengguna dengan iklan yang menggangu dan penawaran keanggotaan ke beberapa layanan. Virus ini kabarnya telah menyebar di beberapa negara.

Tipsnya ketika anda mendapatkan pesan di whatsapp dan berisi ucapan atau apa gitu yang disertai link tautan, sebaiknya lebih hati-hati dan tidak langsung mengklik link tautan tersebut, apalagi pengirimnya adalah nomer yang tidak dikenal.

Sumber artikel : Techno Okezone – Waspada Virus berkedok ucapan tahun baru di Whatsapp