Integrasi nasional secara politis berarti ...
Integrasi nasional secara politis berarti ...

Integrasi nasional secara politis berarti …

Integrasi nasional secara politis berarti …

A. Proses menyelaraskan unsur-unsur negara sehingga mencapai satu kesatuan

B. Proses penyatuan berbagai budaya daerah menuju kesatuan kebudayaan nasional

C. Proses menyerasikan unsur-unsur sosial politik dalam kesatuan wilayah nasional

D. Penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial dalam kesatuan wilayah nasional yang membentuk suatu identitas nasional

E. Proses penyesuaian di antara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga mencapai suatu keserasian fungsi dalam kehidupan

Jawaban yang benar adalah : E

Penjelasan :

Integrasi nasional secara politis ialah integrasi nasional melalui jalur politis atau dapat diartikan sebagai proses penyatuan kelompok budaya, sosial, ras, suku ke dalam satu bentuk wilayah nasional yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia yang membentuk suatu identitas nasional.

Integrasi Nasional

Integrasi nasional merupakan suatu hal yang sangat penting untuk menyatukan segala perbedaan yang ada di sebuah negara. Adanya integrasi dapat meminimalisir perpecahan atau gejolak dalam negara yang disebabkan karena perbedaan.

Integrasi nasional secara antropologis berarti proses penyesuaian di antara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga mencapai suatu keserasian fungsi dalam kehidupan masyarakat.

Disclaimer : Ini merupakan pembahasan kunci jawaban untuk soal Integrasi nasional secara politis yang sifatnya sebagai referensi orangtua untuk membantu anak-anaknya dalam belajar.

Jawaban dari soal-soalnya ini mungkin tidak mutlak kebenarannya, jadi para orang tua dan siswa bisa mengembangkannya menjadi jawaban yang lebih baik dan benar. dengan mencari jawabannya dari buku sekolah sesuai kurikulum yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.