Apa yang harus dilakukan suatu negara untuk menciptakan keunggulan ekonomi
Apa yang harus dilakukan suatu negara untuk menciptakan keunggulan ekonomi

Apa yang harus dilakukan suatu negara untuk menciptakan keunggulan ekonomi

Apa yang harus dilakukan suatu negara untuk menciptakan keunggulan ekonomi ? ini adalah soal dari mata pelajaran IPS Kelas 9 SMP/MTS tentang Keunggulan Ekonomi BAB 3 halaman 192.

Adapun untuk kunci jawabannya yang benar adalah sebagai berikut.

Jawaban :

Negara bisa menciptakan keunggulan ekonomi dengan melakukan beberapa cara berikut ini :

Cara Menciptakan Keunggulan Ekonomi

1 Meningkatkan kualitas sumber daya manusia

Pemerintah dapat meningkatkan sumber daya manusia dengan cara perbaikan sistem pendidikan dan pemberian pelatihan.

2 Meningkatkan jumlah pengusaha

Jumlah pengusaha dapat ditingkatkan dengan cara memberikan insentif yang dapat mendorong pertumbuhan UMKM. Semakin banyak UMKM yang berhasil, maka semakin banyak pula yang tertarik untuk memulai usaha.

3 Membuka lapangan pekerjaan yang baru

Lapangan pekerjaan yang baru akan muncul dengan sendirinya, apabila jumlah pengusaha dari hari ke hari mengalami peningkatan. Dengan demikian, maka tingkat pengangguran dapat berkurang dan SDM yang ada dapat dimanfaatkan dengan baik.

4 Meningkatkan investasi

Semakin besar investasi suatu negara, maka tingkat pertumbuhan ekonomi yang ada dapat semakin besar pula.

5 Menggenjot nilai ekspor

Terdapat hubungan positif antara ekspor dan tingkat pertumbuhan ekonomi di suatu negara. Ekspor dapat dilakukan apabila produk yang dihasilkan adalah produk yang berguna dan memiliki kualitas yang baik pula.

6 Perbaikan infrastruktur

Ekonomi suatu negara bisa disebut unggul apabila memiliki daya saing ekonomi. Daya saing ini harus didukung dengan adanya perbaikan di bidang infrastruktur. Lalu lintas barang dan jasa akan semakin lancar apabila infrastruktur yang ada memadai.

Disclaimer : Ini merupakan pembahasan kunci jawaban untuk soal Apa yang harus dilakukan suatu negara untuk menciptakan keunggulan ekonomi yang sifatnya sebagai referensi orangtua untuk membantu anak-anaknya dalam belajar.

Jawaban dari soal latihan ini mungkin tidak mutlak kebenarannya, jadi para orang tua dan siswa bisa mengembangkannya menjadi jawaban yang lebih baik dan benar dengan mencari jawaban Apa yang harus dilakukan suatu negara untuk menciptakan keunggulan ekonomi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.