Sifat Unsur Penyusun Senyawa Adalah
sifat unsur penyusun senyawa adalah

Sifat Unsur Penyusun Senyawa Adalah

Sifat unsur penyusun senyawa adalah …

A. Sama dengan senyawa yang terbentuk

B. Berbeda dengan senyawa yang terbentuk

C. Bergantung pada reaksi yang terjadi

D. Ditentukan oleh kecepatan reaksinya

Jawaban : B. Berbeda dengan senyawa yang terbentuk

Penjelasan :

sifat unsur penyusun senyawa

Senyawa merupakan suatu zat tunggal berupa gabungan dari 2 unsur atau lebih dengan perbandingan massa yang tetap melalui reaksi kimia masih. Sifat unsur yang telah bergabung menjadi senyawa, akan berubah (tidak tampak lagi). Contohnya adalah air, air tersusun atas unsur hidrogen dan oksigen. Akan tetapi, sifat unsur hidrogen dan oksigen sudah tidak tampak pada air.

Jadi. sifat unsur komponen senyawa adalah berubah (tidak tampak lagi), sehingga berbeda dengan sifat senyawa yang terbentuk.

👉 TRENDING:  Manakah dari negara-negara ASEAN berikut yang memiliki iklim subtropis?

Karena saat unsur-unsur membentuk senyawa terjadi penggabungan molekul dan terbentuk ikatan kimia, maka senyawa yang dihasilkan akan memiliki sifat yang berbeda dengan unsur-unsur penyusunnya.

Misalnya, air (H2O) dihasilkan dari reaksi kimia antara gas oksigen (H2) dan oksigen (O2). Kedua unsur penyusun air bersifat gas di suhu ruang, sementara air sendiri bersifat cair. Gas Hidrogen bersifat mudah terbakar, sementara air tidak mudah terbakar. Kemudian baik gas oksigen dan hidrogen bersifat non-polar, sementara air memiliki molekul yang bersifat polar.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.