Home / Berita Pilihan / ‘Nametag’, Cara Baru Follow Pengguna di Instagram

‘Nametag’, Cara Baru Follow Pengguna di Instagram

TEKNO BANGET, Social Media – Instagram merilis fitur baru ‘Nametag’ untuk membantu pengguna menambahkan teman di akun media sosialnya ini. ‘Nametag’ sendiri adalah kartu identitas virtual yang akan mempermudah pengguna dalam menemukan profil Instagram orang lain dengan cara memindainya.

Berbeda dengan QR Code atau kode unik lainnya, ‘Nametag’ akan dibuat secara unik untuk setiap akun dan dapat disesuaikan dengan selera masing-masing pengguna.

Untuk mencoba ‘Nametag’, kamu cukup membuka profil Instagram, tekan simbol tiga garis atau hamburger yang berada di bagian kanan atas layar, dan pilih “Nametag”. Kemudian kamu bisa membuat personalisasi identitas tersebut untuk dibagikan.

Kamu bisa mempersonalisasi Nametag-mu dengan mengetuk di sembarang tempat atau menekan tombol yang terdapat di bagian atas layar untuk mencoba pilihan desain latar yang tersedia, seperti gradasi warna khas Instagram, emoji, atau selfie dengan berbagai stiker.

Untuk memindai kartu virtual tersebut, kamu cukup menggeser layar ke kanan menuju kamera Instagram, arahkan kamera ke Nametag temanmu dan tahan selama beberapa detik atau tekan “Scan a nametag” di bagian bawah layar.

Sebenarnya cara ini sedikit menyulitkan mengingat pengguna harus memiliki dua gadget atau smartphone untuk melakukan pemindaian. Tapi keuntungannya, dengan fitur ini kamu tidak perlu mencari dan mengetikkan nama akun orang lain untuk menambahkannya sebagai teman di akun Instagram-mu, begitu pula dengan orang lain yang tidak perlu repot menghafal nama akun Instagram-mu untuk mencari dan menambahkannya sebagai teman.

Keunggulan lain dari fitur ini, kamu juga dapat membagikan Nametag-mu kepada orang lain melalui platform chatting maupun platform lainnya, seperti Facebook dan WhatsApp, dengan menekan ikon panah atau bagikan di sudut kanan atas laman Nametag.

Melalui siaran persnya, Instagram resmi mengumumkan bahwa Nametag telah tersedia secara global mulai hari ini, Jumat (5/10), baik di perangkat Android maupun iOS.