Berikut ini yang merupakan peristiwa awal perkembangan iptek di dunia adalah
Berikut ini yang merupakan peristiwa awal perkembangan iptek di dunia adalah
Berikut ini yang merupakan peristiwa awal perkembangan iptek di dunia adalah

Berikut ini yang merupakan peristiwa awal perkembangan iptek di dunia adalah

Berikut ini yang merupakan peristiwa awal perkembangan iptek di dunia adalah …

A. munculnya mesin cetak Gutenberg

B. teknologi pertanian yang semakin modern di Mesopotamia

C. terciptanya mesin uap

D. lahirnya transistor

E. munculnya internet

Jawaban :

B. teknologi pertanian yang semakin modern di Mesopotamia

Penjelasan :

Peristiwa awal perkembangan iptek di dunia adalah​ teknologi pertanian yang semakin modern di Mesopotamia. Sebelum abad ke-20 belasan ribu tahun yang lalu warga Mesopotomia mulai mengembangkan sistem pertanian. Hal tersebut menandai berakhirnya era masyarakat yang berburu dan meramu. Berkat pengembangan sistem pertanian tersebut, pangan dapat disimpan dalam waktu yang lebih lama dan jumlahnya lebih banyak.

Ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) merupakan unsur kemajuan peradaban  manusia yang sangat penting, oleh karena itu kemampuan iptek nasional perlu terus  dikembangkan dalam rangka meningkatkan daya saing dan kemandirian bangsa untuk  mempercepat pencapaian tujuan negara, turut berkontribusi mencapai kesejahteraan  rakyat, serta memperjuangkan kepentingan negara dalam pergaulan internasional.

Perkembangan iptek di dunia dapat kita lihat dengan terjadinya beberapa revolusi  teknologi. Dibagi menjadi dua bagian sebelum abad ke-20 dan sesudah abad ke-20 dan  setelahnya.

  • Sebelum abad ke-20

Belasan ribu tahun yang lalu warga Mesopotomia mulai mengembangkan sistem  pertanian. Hal tersebut menandai berakhirnya era masyarakat yang berburu dan  meramu. Berkat pengembangan sistem pertanian tersebut pangan dapat disimpan  dalam waktu yang lebih lama dan jumlahnya lebih banyak.

Pada tahun 1440  Johannes Gutenberg mengembangkan mesin cetak. Berkat mesin ini, buku dapat  diproduksi dalam jumlah banyak. Berkat penemuan ini berkembangnya revolusi ilmu  pengetahuan dimana pemikiran dan ide dapat meluas melintasi batas negara. Revolusi  industri menjadi peristiwa akhir perkembangan teknologi sebelum abad ke-20.

Pada  revolusi industri terjadi perubahan atau revolusi dalam produksi barang dan jasa  (industri). Perkembangan teknologi mesin, seperti mesin uap, meningkatkan  produktivitas pekerja. Perkembangan teknologi transportasi membuat perpindahan  orang dan barang menjadi lebih cepat. Selain itu, perkembangan perdagangan dunia  membuat hasil produksi dapat dijual ke berbagai tempat.

  • Pada abad ke-20 dan setelahnya

Salah satu inovasi ada abad ke-20 adalah adanya transistor yang melahirkan era  digital. Tanpa transistor kita tidak akan memiliki komputer prbadi, pemutar DVD,  mesin fax dan perangkat lainnya.

Ditemukan juga yang namanya serat optik yang  menjadi pengantar sinyal atau data elektronik yang baik sehingga menjadi sarana  telekomunikasi yang handal. Barulah kita masuk dunia komputer dimulai dari ENIAC  (Numerical Integrator an Computer), komputer menggunakan transistor (UNIVAC)  tahun 1953 IBM mengeluarkan komputer seri 650 dan 700. Kemudian tahun 1981  IBM memperkenalkan komputer personal (PC/personal computer).

Tiga tahun  kemudian, Apple menghasilkan komputer Macintosh. Sistem operasi windows hadir  pada tahun 1990-an dan terus meluas. Barulah revolusi teknologi internet muncul,  melalui internet, informasi dunia dapat dengan mudah diraih, bahkan oleh penduduk  di wilayah terpencil yang memiliki akses internet. Perkembangan ide, gagasan, dan  informasi dapat dengan mudah dan cepat tersebar (brainly).

Menganalisis peristiwa awal perkembangan IPTEK di Dunia -