Salah satu tokoh pengembang peralatan elektronika pada awal abad ke-20 adalah
Salah satu tokoh pengembang peralatan elektronika pada awal abad ke-20 adalah
Salah satu tokoh pengembang peralatan elektronika pada awal abad ke-20 adalah

Salah satu tokoh pengembang peralatan elektronika pada awal abad ke-20 adalah

Salah satu tokoh pengembang peralatan elektronika pada awal abad ke-20 adalah …

A. Thomas Alva Edison

B. Galileo Galilei

C. Neil Amstrong

D/ Isaac Newton

Jawaban :

A. Thomas Alva Edison

Penjelasan :

Salah satu tokoh pengembangan peralatan elektronik pada awal abad ke20 adalah​ seorang tokoh yang bernama Thomas Alfa Edison.

Sejarah elektronika dimulai dari abad ke-20, yang melibatkan tiga buah komponen utama yaitu tabung hampa udara (vacuum tube), transistor dan sirkuit terpadu atau yang disebut juga dengan integrated circuit.

Pada tahun 1883, Thomas Alva Edison dinyatakan berhasil dalam menemukan bahwa electron dapat berpindah dari sebuah konduktor ke konduktor lainnya melewati ruang hampa. Penemuan konduksi atau perpindahan ini dikenal dengan nama efek Edison, sehingga inilah yang menjadi tumpuan pengembangan elektronik pada abad 20.

Pada tahun 1904, ada lagi penemu lain yang bernama John Fleming. Ia menerapkan efek Edison ini untuk menemukan dua buah elemen tabung electron yang dikenal dengan nama dioda.

Setelah itu ada lagi Lee De Forest mengikutinya pada tahun 1906 dengan tabung tiga elemen, yang disebut trioda. Tabung hampa udara inilah menjadi divais yang dibuat dalam memanipulasi kemungkinan energi listrik sehingga bisa diperkuat dan dikirimkan.

Aplikasi tabung elktron pertama diterapkan dalam bidang komunikasi radio. Guglielmo Marconi merintis pengembangan telegraf tanpa kabel(wireless telegraph) pada tahun 1896 dan komunikasi radio jarak jauh pada tahun 1901.

Pada tahun 1918, Edwin Armstrong telah menemukan penerima “super-heterodyne” yang pada masa itu dapat memilih sinyal radio atau stasion dan dapat menerima sinyal jarak jauh.

Armstrong pada masa itu juga menemukan modulasi frekuensi FM pita lebar (wide-band) pada tahun 1935; sebelumnya hanya menggunakan AM atau modulasi amplitudo pada rentang tahun 1920 sampai 1935.

Bell Laboratories mengeluarkan televisi ke publik pada tahun 1927, dan ini masih merupakan bentuk electromechanical.

Ketika sistem elektronik menjadi jaminan kualitas, para insinyur Bell Labs memperkenalkan tabung gambar sinar katoda dan televisi berwarna.

Namun Vladimir Zworykin, seorang insinyur di Radio Corporation of America (RCA), dianggap sebagai “bapak televisi” karena dalam penemuannya ia memiliki tabung gambar dan tabung kamera iconoscope. Pada pertengahan tahun 1950-an, televisi telah melewati radio untuk penggunaan di rumah dan hiburan.

Intinya, penemunya adalah Thomas Alfa Edison. Selain itu ada lagi para tokoh yang berperan dalam elektronik, pengetahuan alam, dan teknologi lainnya seperti: Gallileo Gallilei, Neil Amstrong, Isaac Newton (brainly).