Home / Tekno Business / Xiaomi Jalin Kemitraan Untuk Membuat Mobil Listrik
xiaomi investor Xpeng Motors

Xiaomi Jalin Kemitraan Untuk Membuat Mobil Listrik

Mobil Listrik Xiaomi – XPeng Motors, startup mobil listrik China yang juga didukung oleh Alibaba dan Foxconn, telah mendapatkan suntikan modal baru sebesar $ 400 juta dari Xiaomi dan telah menjadikan Xiaomi sebagai investor strategis, itulah yang diumumkan oleh juru bicara perusahaan mereka.

Seri C mencakup kelompok investor strategis dan institusional yang tidak dikenal. Ketua dan CEO XPeng Motors He Xiaopeng, yang juga berpartisipasi dalam Seri C, mengatakan mereka menerima dukungan kuat dari banyak pemegang saham saat ini. Pendiri dan CEO Xiaomi Lei Jun sebelumnya berinvestasi di perusahaan.

mobil listrik dari Xpeng Motors

“Xiaomi Corporation dan Xpeng Motors telah mencapai kemajuan yang signifikan melalui kolaborasi mendalam dalam mengembangkan teknologi yang menghubungkan ponsel pintar dan mobil pintar,” kata Jun Xiaomi dalam sebuah pernyataan. “Kami percaya bahwa investasi strategis ini akan semakin memperdalam kemitraan kami dengan Xpeng dalam memajukan inovasi untuk perangkat keras cerdas dan Internet of Things untuk membuat mobil listrik xiaomi.”

Perusahaan tidak mengungkapkan penilaian pos-uangnya sekarang. Namun, sebuah sumber yang mengetahui kesepakatan itu mengatakan “lebih baik” dari penilaian 25 miliar yuan yang dimilikinya pada putaran terakhir pada Agustus 2018.

Pengumuman itu mengkonfirmasi laporan sebelumnya dari Reuters yang mengutip sumber-sumber anonim.

XPeng juga mengatakan pihaknya telah mengumpulkan “beberapa miliar” dalam yuan China dari jalur kredit tanpa jaminan dari lembaga-lembaga seperti China Merchants Bank, China CITIC Bank dan HSBC. XPeng tidak menjelaskan ketika ditanya apa arti “beberapa miliar”.

Brian Gu, wakil ketua dan presiden XPeng Motors, menambahkan bahwa perusahaan telah mampu mencapai sebagian besar target bisnis dan pembiayaannya meskipun ada hambatan ekonomi, ketidakpastian di pasar global dan perubahan kebijakan pemerintah yang berdampak langsung pada keseluruhan penjualan mobil di Tiongkok .

Putaran ini datang ketika XPeng bersiap untuk meluncurkan sedan P7 listriknya pada musim semi 2020. Pengiriman P7 diharapkan akan dimulai pada kuartal kedua tahun 2020.

XPeng memulai pengiriman model produksi pertamanya, G3 2019 SUV, pada bulan Desember, dan mengirimkan 10.000 model pada pertengahan Juni. Sejak itu, perusahaan ini telah merilis versi G3 yang disempurnakan dengan driving range NEDC 520 km.

XPeng mengatakan ingin IPO, tetapi tidak jelas kapan perusahaan tersebut mengajukan diri menjadi perusahaan publik. Tidak ada jadwal IPO tertentu yang telah ditetapkan dan juru bicara mengatakan perusahaan sedang memantau kondisi pasar dengan seksama, tetapi fokus saat ini adalah membangun bisnis inti.