Ini Persyaratan dan Cara Daftar Untuk Mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2021

Pemerintah melalui Kemendikbud terus berupaya memberikan bantuan pendidikan bagi anak-anak penerus bangsa ini, ada banyak program yang dihadirkan. Contohnya saya Kartu Indonesia Pintar / KIP Kuliah yang diperuntukkan untuk lulusan SMA sederajat yang ingin melanjutkan kuliah.

Siapa saja bisa mendaftar program bantuan KIP Kuliah ini, dengan syarat siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya. Selain itu calon penerima KIP Kuliah ini wajib  memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid.

Nah untuk itu, pada kesempatan ini teknobgt ini membagikan informasi penting tentang bagaimana cara daftar dan juga apa saja syarat pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2021. Tapi sebelum itu kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa itu KIP Kuliah.

Tentang Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah

apa itu KIP KULIAH

KIP Kuliah adalah program bantuan pendidikan dari pemerintah berupa pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk ke Perguruan Tinggi, pembebasan biaya kuliah dan juga memperoleh bantuan biaya hidup.

Program bantuan KIP-Kuliah diperuntukkan seluruh siswa di Indonesia untuk menggapai cita-cita melalui pendidikan tinggi. Nantinya para siswa yang sudah terdaftar dan memiliki KIP-Kuliah, bisa langsung mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, SBMPN, Seleksi mandiri PTN dan seleksi mandiri PTS.

Berapa besaran bantuan biaya kuliah dari program KIP-Kuliah Ini?

  1. Pembebasan biaya pendaftaran masuk seleksi Perguruan Tinggi / PT .
  2. Akan dibayarkan biaya kuliah sebesar Rp 2.400.000/semester dan langsung dibayarkan ke Perguruan Tinggi oleh Puslapdik
  3. Penerima program bantuan KIP Kuliah ini akan mendapatkan bantuan biaya hidup sebesar Rp 700.000/bulan yang dibayarkan setiap semester sesuai masa studi normal
    • S1 maksimal 8 Semester, total selama studi maksimal Rp. 33.6 jt
    • D3 maksimal 6 Semester, total selama studi maksimal Rp. 25.2 jt
    • D2 maksimal 4 Semester, total selama studi maksimal Rp. 16.8 jt
    • D1 maksimal 2 Semester, total selama studi maksimal Rp. 8.4 jt.
  4. Untuk mahasiswa pada Prodi yang harus mengikuti Program Profesi juga akan menerima pembebasan biaya kuliah dan bantuan biaya hidup (seperti poin 4 dan 5). Profesi Dokter, Dokter Gigi dan Dokter Hewan akan menerima bantuan biaya hidup maksimal 4 semester (total selama studi maksimal Rp. 16.8 jt). Sedangkan untuk Profesi Ners, Apoteker dan Guru akan menerima bantuan biaya hidup maksimal 2 semester (total selama studi maksimal Rp. 8.4 jt).
Baca Juga:  245 Website E-Learning Yang Masuk dalam Paket Internet Ilmupedia Telkomsel

Cara Daftar KIP Kuliah 2021

Kartu Indonesia Pintar (KIP) ini bukan hanya diperntukan dalam program pendidikan kuliah saja, pada jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA sederajat juga ada yaitu Program Indonesia Pintar (PIP) yang berupada bantuan tunai pendidikan kepada anak usia sekolah (usia 6 – 21 tahun) yang berasal dari keluarga miskin, rentan miskin: pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), peserta Program Keluarga Harapan (PKH), yatim piatu, penyandang disabilitas, korban bencana alam/musibah.

Nah, KIP Kuliah ini berbeda dengan itu karena semua kalangan bisa mendaftar untuk mendapatkan bantuan pendidikan ini. Adapun cara untuk menjadi peserta penerima bantuan KIP Kuliah tahun 2021 adalah sebagai berikut :

form daftar akun baru KIP Kuliah 2021

  1. Pendaftaran akun siswa KIP Kuliah ini dibuka sejak 8 Februari 2021 sampai 31 Oktober 2021
  2. Siswa atau calon penerima bantuan bisa langsung mendaftar secara online langsung dari Hp/laptop melalui link website https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau langsung kesini https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/pendaftaran/baru
  3. Pada proses daftar membuat akun ini, siswa wajib menginputkan data Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan alamat email. Data tersebut wajib data asli dan masih aktif
  4. Setelah proses tersebut, maka sistem KIP Kuliah akan melakukan validasi data terlebih dahulu baru setelah itu membuat keputusan tentang kelayakan mendapatkan bantuan KIP Kuliah.
  5. Jika proses validasi data tersebut berhasil dan siswa dinyatakan lulus sebagai penerima KIP Kulian, maka sistem akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan
  6. Setelah itu Siswa yang dinyatakan berhasil terdaftar wajib untuk melanjutkan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri)
  7. Selanjutnya adalah menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih.
Baca Juga:  Soal dan Kunci Jawaban PAS Kelas 5 Semester 1 PJOK Penjaskes Kurikulum 2013

Untuk siswa calon penerima KIP Kuliah yang dinyatakan lulus dan diterima di Perguruan Tinggi, bisa melanjutkan proses verifikasi data lebih lanjut. Untuk kamu yang merasa masih kurang untuk biaya kuliahnya, bisa mencari program beasiswa lainnya agar bisa lebih meringankan biaya pendidikan kedepannya.

Berikut ini adalah detail persyaratan untuk mendaftar Program KIP Kuliah Tahun 2021 adalah sebagai berikut:

  1. Penerima KIP-KULIAH adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid;
  2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah
  3.  Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus  pada tahun berjalan  dengan  potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP
  4. Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus  pada tahun berjalan  dengan  potensi akademik baik dan mempunyai Kartu Keluarga  Sejahtera
  5. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

Nah itulah informasi tentang prosedur/cara daftar KIP Kuliah dan juga persyaratannya yang kami rangkum dari website resmi kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Untuk para siswa yang baru lulus SMA sederajat yang ingin melanjutkan kuliah tetapi merasa orangtua tidak memiliki biaya segera daftar di program bantuan ini karena banyak sekali manfaatnya.

Selain itu kamu juga bisa memilih Perguruan Tinggi yang sesuai dengan apa yang kamu mau, dilansir dari laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id, ada lebih dari 15ribu perguruan tinggi dan berbagai program studi yang ditawarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *