Surah Al Maidah – Mengetahui Pesan Inti dalam Surat Al Maidah
Surah Al Maidah – Mengetahui Pesan Inti dalam Surat Al Maidah

Surah Al Maidah – Mengetahui Pesan Inti dalam Surat Al Maidah

Surah Al Maidah merupakan salah satu surat dalam Al Qur’an yang berisi tentang beberapa perintah dan larangan yang diturunkan oleh Allah SWT. Surat Al Maidah terdiri dari 120 ayat dan termasuk ke dalam golongan surat Madaniyah yang diturunkan setelah Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah. Dalam surat ini terdapat beberapa pelajaran dan hikmah yang harus dipahami oleh setiap umat Islam. Berikut ini adalah penjelasan mengenai pesan inti dalam Surat Al Maidah.

Menjaga Perjanjian dan Kesepakatan

Surat Al Maidah mengajarkan kepada umat Islam untuk menjaga perjanjian dan kesepakatan yang telah dibuat. Hal ini terlihat pada ayat 1 yang berbunyi, “Hai orang-orang yang beriman, penuhilah janji-janji (yang telah kamu buat)”. Dalam kehidupan sehari-hari, menjaga perjanjian dan kesepakatan sangat penting untuk membangun kepercayaan dan kerjasama antar individu maupun antar negara.

Pentingnya Menjaga Kebersihan

Surat Al Maidah juga mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini terlihat pada ayat 6 yang berbunyi, “Hai orang-orang yang beriman, apabila kalian hendak shalat, maka basuhlah muka kalian dan tanganmu sampai ke siku, serta sapulah kepala kalian dan (basuh) kaki kalian sampai ke dua mata kaki”. Dalam Islam, menjaga kebersihan adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan diri.

Perintah Menjaga Hak Asasi Manusia

Surat Al Maidah juga mengajarkan kepada umat Islam untuk menjaga hak asasi manusia. Hal ini terlihat pada ayat 8 yang berbunyi, “Allah tidak melarangmu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tidak memerangimu karena agama dan tidak mengusir kamu dari negerimu”. Dalam kehidupan sehari-hari, menjaga hak asasi manusia adalah hal yang sangat penting untuk membangun kedamaian dan keadilan di masyarakat.

Menjaga Keberagaman Umat Manusia

Surat Al Maidah juga mengajarkan kepada umat Islam untuk menjaga keberagaman umat manusia. Hal ini terlihat pada ayat 48 yang berbunyi, “Dan Kami telah turunkan kepadamu Kitab (Al Qur’an) dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya (diturunkan dari Allah) dari Kitab dan menjaganya. Maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu”. Dalam kehidupan sehari-hari, menjaga keberagaman umat manusia sangat penting untuk membangun kerukunan dan persatuan di masyarakat.

Menghindari Hal yang Haram

Surat Al Maidah juga mengajarkan untuk menghindari hal yang haram dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini terlihat pada ayat 90 yang berbunyi, “Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan”. Dalam Islam, menghindari hal yang haram adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kesucian diri dan mendapat ridha Allah SWT.

Perintah Berjihad di Jalan Allah

Surat Al Maidah juga mengajarkan tentang perintah berjihad di jalan Allah SWT. Hal ini terlihat pada ayat 35 yang berbunyi, “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya dan berjihadlah pada jalan-Nya, mudah-mudahan kamu mendapat keberuntungan”. Dalam Islam, berjihad di jalan Allah adalah hal yang sangat penting untuk mempertahankan agama dan melawan kezaliman.

Perintah Berbuat Kebaikan dan Menjauhi Kemungkaran

Surat Al Maidah juga mengajarkan kepada umat Islam untuk berbuat kebaikan dan menjauhi kemungkaran. Hal ini terlihat pada ayat 2 yang berbunyi, “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar larangan Allah dan larangan Rasul-Nya dan janganlah kamu melanggar batas yang telah ditetapkan-Nya dan bertakwalah kepada Allah, sungguh Allah sangat keras hukumannya”. Dalam kehidupan sehari-hari, berbuat kebaikan dan menjauhi kemungkaran adalah hal yang sangat penting untuk membangun masyarakat yang baik dan damai.

Perintah Berbuat Adil

Surat Al Maidah juga mengajarkan tentang perintah berbuat adil dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini terlihat pada ayat 8 yang berbunyi, “Allah tidak melarangmu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tidak memerangimu karena agama dan tidak mengusir kamu dari negerimu”. Dalam Islam, berbuat adil adalah hal yang sangat penting untuk membangun keadilan dan kedamaian di masyarakat.

Perintah Berbuat Baik Kepada Orang Tua

Surat Al Maidah juga mengajarkan kepada umat Islam untuk berbuat baik kepada orang tua. Hal ini terlihat pada ayat 6 yang berbunyi, “Hai orang-orang yang beriman, apabila kalian hendak shalat, maka basuhlah muka kalian dan tanganmu sampai ke siku, serta sapulah kepala kalian dan (basuh) kaki kalian sampai ke dua mata kaki”. Dalam Islam, berbuat baik kepada orang tua adalah hal yang sangat penting untuk memperoleh ridha Allah SWT.

Perintah Berhenti dari Hal yang Haram

Surat Al Maidah juga mengajarkan kepada umat Islam untuk berhenti dari hal yang haram. Hal ini terlihat pada ayat 90 yang berbunyi, “Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan”. Dalam kehidupan sehari-hari, berhenti dari hal yang haram adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kesucian diri dan mendapat ridha Allah SWT.

Menjaga Keselamatan di Masyarakat

Surat Al Maidah juga mengajarkan kepada umat Islam untuk menjaga keselamatan di masyarakat. Hal ini terlihat pada ayat 32 yang berbunyi, “Oleh sebab itu Kami tetapkan bagi Bani Israil bahwa barangsiapa yang membunuh manusia, bukan karena orang itu membunuh orang lain atau membuat kerusakan di muka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seakan-akan dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya”. Dalam kehidupan sehari-hari, menjaga keselamatan di masyarakat adalah hal yang sangat penting untuk membangun kedamaian dan keamanan di masyarakat.

Menjaga Kepercayaan Allah SWT

Surat Al Maidah juga mengajarkan kepada umat Islam untuk menjaga kepercayaan Allah SWT. Hal ini terlihat pada ayat 7 yang berbunyi, “Ingatlah nikmat Allah yang telah dianugerahkan-Nya kepadamu dan firman Allah: ‘Dan ingatlah nik

Artikel Surah Al Maidah – Mengetahui Pesan Inti dalam Surat Al Maidah

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM