Waktu Sholat Istikharah: Cara Berdoa dan Makna di Baliknya
Waktu Sholat Istikharah: Cara Berdoa dan Makna di Baliknya

Waktu Sholat Istikharah: Cara Berdoa dan Makna di Baliknya

Sholat istikharah adalah salah satu doa yang dilakukan oleh umat Muslim untuk memohon petunjuk Allah SWT dalam mengambil keputusan penting. Istikharah berasal dari kata “khair” yang artinya kebaikan, sehingga sholat istikharah bisa diartikan sebagai sholat untuk meminta kebaikan dari Allah.

Sholat istikharah sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, namun ada waktu-waktu tertentu yang disarankan agar doa tersebut lebih dimakbulkan oleh Allah SWT. Berikut adalah waktu-waktu yang disarankan untuk sholat istikharah:

Waktu Sholat Istikharah

1. Setelah sholat Maghrib hingga menjelang Isya

2. Setelah sholat Isya hingga menjelang Subuh

3. Di waktu sepertiga malam terakhir

4. Di waktu siang hari

Setelah mengetahui waktu-waktu yang disarankan untuk sholat istikharah, bagaimana cara melaksanakan sholat istikharah?

Cara Melaksanakan Sholat Istikharah

1. Lakukan wudhu seperti biasa

2. Niatkan sholat istikharah di dalam hati

3. Sholat dua rakaat tanpa salam di antara dua rakaat tersebut

4. Setelah selesai sholat, bacalah doa istikharah yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW

5. Setelah itu, berdoalah kepada Allah SWT untuk memberikan petunjuk yang terbaik dalam mengambil keputusan

6. Tidur dengan tenang dan percaya bahwa Allah SWT akan memberikan petunjuk yang terbaik

Doa Istikharah

“Allahumma inni astakhiruka bi’ilmika wa astaqdiruka bi-qudratika wa as’aluka min fadlika al-‘azim fa innaka taqdiru walaa aqdiru wa ta’lamu walaa a’lamu wa anta ‘allamu al-ghuyub. Allahumma in kunta ta’lamu anna hadha-l-amr khairun li fi dini wa ma’ashi wa ‘aqibati amri (or: fi ajili amri wa ajilihi) faqdirhu li wa yas-sirhu li thumma barik li fihi wa in kunta ta’lamu anna hadha-lamr sharrun li fi dini wa ma’ashi wa ‘aqibati amri (or: fi ajili amri wa ajilihi) fasrifhu ‘anni was-rifni ‘anhu waqdir liyal-khaira haythu kana thumma ardini bihi.”

Makna dari doa istikharah tersebut adalah:

“Ya Allah, aku meminta petunjuk-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kekuatan-Mu untuk mengambil keputusan, dan aku meminta karunia-Mu yang besar. Sesungguhnya Engkau mampu dan aku tidak mampu, Engkau mengetahui dan aku tidak mengetahui dan Engkau-lah yang mengetahui segala yang ghaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini baik untuk agamaku, kehidupanku, dan akhiratku, maka takdirkanlah untukku dan mudahkanlah jalannya, kemudian berilah berkah padaku. Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk untuk agamaku, kehidupanku, dan akhiratku, maka jauhkanlah dariku dan jauhkanlah aku darinya, dan takdirkanlah bagiku kebaikan di mana saja itu berada dan jadikanlah aku ridha dengan takdir-Mu.”

Kapan Harus Melakukan Sholat Istikharah?

Sholat istikharah sebaiknya dilakukan ketika kita menghadapi situasi yang memerlukan keputusan penting, seperti menentukan pilihan karir, menikah, memilih tempat tinggal, atau memutuskan bisnis. Dengan melaksanakan sholat istikharah, kita bisa memohon petunjuk Allah SWT yang terbaik dalam mengambil keputusan tersebut.

Namun, sebaiknya kita juga tidak terlalu sering melakukan sholat istikharah. Kita harus tetap memperhatikan faktor-faktor rasional dalam mengambil keputusan, seperti mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari setiap pilihan yang ada.

Bagaimana Jika Tidak Mendapatkan Mimpi Setelah Sholat Istikharah?

Banyak orang yang berharap mendapatkan mimpi setelah melaksanakan sholat istikharah sebagai tanda bahwa Allah SWT telah memberikan petunjuk kepadanya. Namun, sebenarnya tidak semua orang akan mendapatkan mimpi setelah sholat istikharah. Hal ini tidak perlu membuat kita kecewa atau merasa bahwa doa kita tidak dijawab. Kita tetap bisa meminta petunjuk Allah SWT dengan cara lain, seperti memperhatikan tanda-tanda atau pertanda yang muncul setelah melaksanakan sholat istikharah.

Kesimpulan

Sholat istikharah adalah doa untuk meminta petunjuk Allah SWT dalam mengambil keputusan penting. Sholat istikharah sebaiknya dilakukan pada waktu-waktu tertentu yang disarankan, seperti setelah sholat Maghrib hingga menjelang Isya, setelah sholat Isya hingga menjelang Subuh, di waktu sepertiga malam terakhir, dan di waktu siang hari. Cara melaksanakan sholat istikharah cukup mudah, yaitu dengan melakukan dua rakaat tanpa salam di antara dua rakaat tersebut, dan membaca doa istikharah setelah selesai sholat. Kita juga harus tetap memperhatikan faktor-faktor rasional dalam mengambil keputusan, serta tidak terlalu sering melakukan sholat istikharah.

Bagi yang belum pernah mencoba sholat istikharah, tidak ada salahnya untuk mencobanya. Kita bisa mendapatkan petunjuk dari Allah SWT yang terbaik dalam mengambil keputusan penting dalam hidup kita.

Artikel Waktu Sholat Istikharah: Cara Berdoa dan Makna di Baliknya

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM