Ayat Tentang Dzikir
Ayat Tentang Dzikir

Ayat Tentang Dzikir

Dzikir adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Dalam banyak ayat Al-Quran, Allah SWT meminta kita untuk senantiasa mengingat-Nya melalui dzikir. Berikut adalah beberapa ayat tentang dzikir yang bisa menjadi inspirasi bagi kita semua.

1. Surat Al-Baqarah ayat 152

“Maka ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.”

Dalam ayat ini, Allah SWT meminta kita untuk selalu mengingat-Nya dan bersyukur atas nikmat yang telah diberikan-Nya. Dalam dzikir, kita akan lebih mudah merasakan kebesaran Allah SWT dan merasakan nikmat-Nya yang tak terhingga.

2. Surat Al-Ahzab ayat 41-42

“Hai orang-orang yang beriman, ingatlah Allah dengan mengingat-Nya secara sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang.”

Allah SWT sangat senang jika hamba-Nya selalu mengingat-Nya. Dalam ayat ini, Allah SWT meminta kita untuk senantiasa berdzikir dan bertasbih kepada-Nya pada waktu pagi dan petang.

3. Surat An-Nisa ayat 103

“Dan apabila kamu telah menyelesaikan shalatmu, ingatlah Allah di waktu berdiri, duduk dan berbaring. Kemudian apabila kamu merasa aman, lakukanlah shalatmu sebagaimana biasa.”

Setelah melaksanakan ibadah shalat, Allah SWT meminta kita untuk tetap mengingat-Nya dalam berbagai posisi. Dalam dzikir, kita akan lebih mudah merasakan kehadiran-Nya dan merasakan kedamaian dalam hati.

4. Surat Al-Ankabut ayat 45

“Dan bacalah apa yang diwahyukan kepadamu, yaitu Kitab Tuhanmu. Tidak ada yang dapat merubah kalimat-kalimat-Nya. Dan kamu tidak akan menemukan tempat berlindung selain dari pada-Nya.”

Dalam ayat ini, Allah SWT meminta kita untuk selalu membaca dan mengingat kitab suci Al-Quran. Dalam dzikir, kita akan lebih mudah memahami ajaran Islam dan mendekatkan diri kepada-Nya.

5. Surat Al-Jumu’ah ayat 10

“Dan apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.”

Sesuai dengan makna dzikir, Allah SWT meminta kita untuk selalu mengingat-Nya setelah melaksanakan ibadah shalat. Dalam dzikir, kita akan lebih mudah merasakan kehadiran-Nya dan memohon rahmat serta karunia-Nya.

6. Surat Al-A’raf ayat 205

“Dan sebutlah nama Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, pada waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.”

Allah SWT meminta kita untuk selalu mengingat-Nya dengan hati yang rendah dan penuh rasa takut. Dalam dzikir, kita akan lebih mudah memperbaiki diri dan menjauhi kesombongan yang dapat membuat hati kita jauh dari-Nya.

7. Surat Al-Hadid ayat 16

“Bukankah waktunya bagi orang-orang yang beriman untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka), dan janganlah mereka menjadi seperti orang-orang yang sebelumnya telah diberi kitab, lalu berlalai-lalai (tidak beribadah), maka hati mereka ditutup, dan banyak di antara mereka adalah orang-orang yang fasik.”

Allah SWT memperingatkan kita agar selalu mengingat-Nya dan menjauhi kesombongan. Dalam dzikir, kita akan lebih mudah memperbaiki diri dan menjauhi perbuatan yang dapat membuat hati kita jauh dari-Nya.

8. Surat Al-Muzzammil ayat 8

“Dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam (matahari). Dan pada beberapa waktu di malam hari juga bertasbihlah serta setelah kalian shalat (wajib).”

Allah SWT meminta kita untuk selalu bertasbih dan memuji-Nya pada waktu-waktu tertentu. Dalam dzikir, kita akan lebih mudah merasakan kebesaran Allah dan merasakan kedamaian dalam hati.

9. Surat Ar-Ra’d ayat 28

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan berdzikir kepada Allah. Ingatlah, hanya dengan berdzikir kepada Allah hati menjadi tenang.”

Allah SWT memastikan bahwa hanya dengan berdzikir kepada-Nya, hati kita akan menjadi tenang dan damai. Dalam dzikir, kita akan lebih mudah merasakan kehadiran-Nya dan merasakan kedamaian dalam hati.

10. Surat Al-Isra ayat 110

“Katakanlah: “Berdoalah kepada Allah atau berdzikirlah kepada-Nya, sungguh dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.”

Dalam ayat ini, Allah SWT meminta kita untuk senantiasa berdoa dan berdzikir kepada-Nya. Dalam dzikir, kita akan lebih mudah merasakan kehadiran-Nya dan merasakan kedamaian dalam hati.

11. Surat Al-Anfal ayat 45

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu berjumpa dengan pasukan (musuh), hendaklah kamu tetap ingat kepada Allah dengan ingatan yang sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung.”

Allah SWT meminta kita untuk selalu mengingat-Nya dalam segala situasi, termasuk saat berhadapan dengan musuh. Dalam dzikir, kita akan lebih mudah memohon pertolongan dan perlindungan dari-Nya.

12. Surat Al-A’raf ayat 205

“Dan sebutlah nama Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, pada waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.”

Allah SWT meminta kita untuk senantiasa mengingat-Nya dengan hati yang rendah dan penuh rasa takut. Dalam dzikir, kita akan lebih mudah memperbaiki diri dan menjauhi kesombongan yang dapat membuat hati kita jauh dari-Nya.

13. Surat Al-Muddaththir ayat 74-75

“Dan ingatlah nama Tuhanmu dan berilah dirimu dengan tunduk dan penuh rasa takut; dan dengarlah mereka yang memanggil (kepada Tuhanmu) dengan rendah hati, dan janganlah kamu menjadi sombong seperti iblis, sesungguhnya dia adalah orang yang durhaka dan tercela.”

Allah SWT meminta kita untuk selalu mengingat-Nya dengan hati yang rendah dan penuh rasa takut. Dalam dzikir, kita akan lebih mudah memperbaiki diri dan menjauhi kesombongan yang dapat membuat hati kita jauh dari-Nya.

14. Surat Al-Imran ayat 191

“(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menc

Artikel Ayat Tentang Dzikir

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM