ColorOS 11 Hadir Dengan 12 Fitur Baru Untuk Tipe Hp Oppo Ini Saja
12 fitur utama coloros 11 oppo

ColorOS 11 Hadir Dengan 12 Fitur Baru Untuk Tipe Hp Oppo Ini Saja

Oppo secara resmi sudah mengenalkan sistem operasi terbaru mereka ColorOS 11 yang mana pada versi ini membawa 12 fitur baru untuk memaksimalkan smartphone Oppo yang kalian gunakan.

Sama seperti OS lainnya, tidak semua tipe Hp Oppo bisa mendapatkan update ke ColorOS 11 ini karena memang spesifikasi hardwarenya yang tidak memungkinkan untuk mensupport kinerja dari sistem operasi terbaru ini. Lalu Hp Oppo apa saja yang bisa mendapatkan update ke ColorOS 11?

Nah sebelum membahas daftar Hp Opponya, kali ini teknobgt.com mencoba untuk menjelaskan 12 fitur baru yang dibawa oleh ColorOS 11 ini. Tapi sebelum itu ada yang unik dibalik penamaan ColorOS 11 ini. Jika biasanya diversi terbaru itu selalu menggunakan angka berurutan, maka kali ini Oppo memilih untuk langsung lompat ke 11.

Alasan Oppo sangatlah sederhana, kenapa tidak menggunakan nama ColorOS 8 (saat ini) sebagai penerus dari ColorOS 7 yg dirilis pada tahun lalu. Alasannya yaitu ingin memudahkan pengguna Hp Oppo saja, karena saat ini sistem android sudah di versi Android 11, maka penamaannya disamakan ujar Lynn Ni, Design Project Lead of Oppo ColorOS.

Oppo berharap dengan hadirnya ColorOS 11 ini bisa membuat pengguna HP oppo lebih nyaman karena kemampuannya yang mengkostuminasasi tampilan menjadi sesuai selera pemilih Hp oppo tersebut. “Total ada lebih dari  1.000 optimasi yang kami lakukan di ColorOS 11 ini,” kata Lynn Ni pada acara peluncuran global secara online, Selasa (14/9/2020). Berikut ini adalah 12 fitur utama yang dibawa oleh ColorOS 11 yang sudah dirilis oleh inet.detik.com :

12 Fitur Utama ColorOS 11

Icon Customization

👉 TRENDING:  Pengisian Daya Oppo Super VOOC: Sangat Mengesankan!

Pengguna dimungkinkan memodifikasi bentuk ikon aplikasi yang disesuaikan dengan keinginan.

Customizable Always-on Display (AOD)

Fitur ini memungkinkan pengguna mengubah tulisan, warna dan layout dari template AOD yang disediakan. ColorOS 11 sendiri menyediakan banyak patern AOD yang dapat dipilih pengguna.

Setiap patern diklaim untuk dan dapat mempresentasikan gaya penggunanya. Bahkan bisa berkreasi dengan membentuk nama sendiri.

Untuk membuat Costomizable AOD ini caranya sangat mudah, hanya perlu memindahkan jari dengan lembut di layar maka akan terbentuk pola. Selanjutnya tinggal menambahkan warna hingga komposisinya.

Oppo Sans

ColorOS 11 membawa huruf Oppo Sans yang tersedia di opsi System Font. Namun pengguna bisa memilih huruf lain untuk tampilan UI-nya.

Oppo Sans sendiri masih dimungkinkan dimodifikasi oleh pengguna, mulai dari ketebalan hingga ukuran sehingga nyaman dibaca.

Dark Mode

Kini fitur Dark mode bisa beradaptasi dengan aplikasi pihak ketiga. Tapi yang menarik, Oppo memberikan kemampuan kustomisasi pada tampilan gelap ini. Ada tiga pilihan warna Dark Mode yang disediakan, yakni Pitch, Blue dan Gray.

Wallpaper dan Icon bisa disesuaikan dengan Dark Mode. Pengguna bisa atur otomatis saat petang dan terbit Matahari.

Ringtone, Color Scheme dan Wallpaper

Oppo memungkinkan pengguna mengkustomisasi ringtones, color scheme Widget dan Wallpaper. Sehingga mereka menciptakan ColorOS yang sesuai.

Oppo Relax 2.0

Fitur ini diperkenalkan tahun lalu. Di versi terbaru pengguna dimungkinkan melakukan kustomisasi dan remix suara ambient, seperti alam, kehidupan sehari-hari, kota, ASMR dan lainnya.

Three-Finger Translate

Kini pengguna dapat men-screenshoot layar dengan menyapu tiga jari dari atas ke bawah secara bersamaan, kemudian menterjemahkan bahasa menggunakan Google Lens.

👉 TRENDING:  Huawei Anjlok, OPPO Akan Segera Melebarkan Sayapnya Ke Eropa!

Flex Drop

Fitur Quick Return Bubble diperkenalkan di ColorOS 7.2. Kini berganti nama dengan Flex Drop. Kini pengguna bisa swipe-up, lalu terus me-swipe up hingga ada opsi untuk mengubah menjadi jendela kecil.

Ketika ingin menutupnya, tinggal swipe kembali hingga menekan tombol X. Atau untuk kembali normal tinggal pilih ikon Full Screen. Oppo turut memperkenalkan floating windows yang berada di pinggiran bodi. Hanya tinggal swipe dari pinggiran body ponsel saja.

Nearby Share

Untuk mengirimkan file dengan cepat. Tak hanya sesama Oppo, tapi semua ponsel. Selain itu bisa digunakan meski pengguna tidak terhubung secara online.

UI First 2.0

ColorOS 11 menjanjukan mendongkrak kemampuan RAM hingga 45.0, response time 32.0 dan frame rate stability 17.0.

Oppo mengolaborasikan UI First 2.0 dengan Quantum Animation Engine 2,0. Hasilnya pengalaman yang benar-benar lancar. Efek animasi pun akan terasa lebih halus dari sebelumnya.

Optimasi Baterai

Ada fitur Super Power Saving Mode, menawarkan 5.0 baterai untuk menjalankan ponsel dalam mode standby, 1,5 jam mengirim teks dan 1 jam menelpon. Sehingga pengguna bisa sempat mencari charger meski baterai sudah sangat sedikit.

Lantaran banyak voltase yang tidak stabil di sejumlah negara dan men-charging sepanjang malam yang mengakibatkan kerusakan baterai. Menyadari ini Oppo pun mengembangkan Battery Guard di ColorOS 11 yang akan mempelajari kebiasaan isi ulang.

Misalnya mengisi ulang sembari tidur di malam hari, fitur ini akan mencegah overcharging sehingga melindungi baterai. Pada saat bersaamaan fitur ini memastikan baterai penuh terisi saat pengguna bangun.

Menariknya ketika pengguna lupa men-charging ponsel di malam hari, ColorOS 11 menghadirkan fitur Super Nighttime Standby. Selama stanby di malam hari, baterai hanya mengonsumsi 2.0 saja. Jadi pengguna bisa menggunakan keesokan harinya.

👉 TRENDING:  Kontes Foto OPPO 100 MillionPassions, Hadiah Utamanya 100 Juta!

Privasi Data

Oppo memperkenalkan Scoped Storage yang membantu setiap aplikasi memiliki file sendiri. Ketika aplikasi tersebut diuninstall, foldernya pun akan dihapus.

Paling terpenting aplikasi tidak dapat mengakses data sistem keseluruhan. Jika aplikasi ingin mengakses mikrofon, lokasi, kontak dan foto akan dimintai izin terlebih dulu. Dengan begitu data pribadi akan lebih terproteksi daa tidak ada lagi kasus kebocoran.

Oppo pun menghadirkan Private System. Fitur ini menawarkan dua sistem terpisah di mana pengguna bisa menyimpan file dan foto pribadi lebih aman. Cukup masukan password atau fingerprint untuk mengakses dan berganti sistem utama. Pengguna bisa mengatur notifikasi baik dari satu maupun dua sistem. Ini akan membantu pengguna memisahkan data pribadi ataupun kerjaan.

Daftar Hp Oppo Yang Bisa Update ColorOS 11

ColorOS 11

Ada banyak Hp Oppo yang dipastikan bisa segera melakukan update ke ColorOS 11, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Sudah tersedia: Find X2, Find X2 Pro, Find X2 Pro Automobili Lamborghini Edition
  • Mulai 30 September: Reno 3 5G, Reno 3 Pro 4G, F17 Pro
  • Mulai Q4 2020: Reno 4 Pro 5G, Reno 4 4G, Reno 4 4G, Reno 4 4G, F11, F11 Pro, F11 Pro (Marvel Avengers Limited Edition), A9, A92, A72, A52
  • Bisa update Mulai Q1 2021: Reno 10X Zoom, Reno 2, Reno2 F, Reno 2 Z, Reno 3 Pro 5G, A91, F15
  • Bisa update mulai Q2 2021: Reno, Reno Z, A5 2020, A9 202

Bagaimana? apakah Hp oppo kalian masuk kedaftar perangkat yang mendapatkan upadate ColorOS 11? jika tidak jangan terlalu sedih, karena ColorOS 7 yang saat ini masih tetep OK kok.