fitur android 11 final version

15 Fitur Baru di OS Android 11, Bisa Jadi Remote Control Smart Home!

Berikut ini penjelasan tentang 15 fitur terbaru yang ada di sistem operasi Android 11. Fitur-fitur ini memang layak menjadi unggulan dari fitur lainnya karena kegunaannya yang sangat maksimal dan tentunya ini adalah fitur terbaru yang belum pernah ada dari OS sebelum-sebelumnya. Langsung saja yaa, cek selengkapnya dibawah ini :

15 Fitur Terbaru di OS Android 11 Final

Bisa Melihat Riwayat Notifikasi

Anda bisa melihat kembali riwayat notifikasi / pemberitahuan yang masuk sebelumnya atau notifikasi yang diabaikan dan ditutup. Caranya untuk melihatnya cukup mudah, yaitu dengan mengaktifkan fitur ini di pengaturan smartphone. Anda juga bisa menonaktifkannya kembali jika merasa fitur tersebut kurang begitu bermanfaat.

Penggabungan Notifikasi

Di OS Android 11 final version ini bisa mengumpulkan semua notifikasi yang masuk dan mengelompokkannya sesuai dengan aplikasinya seperti e-mail, WhatsApp, facebook, Instagram dan aplikasi lainnya yang anda gunakan.

Screen Recorder

Sebenarnya fitur screen recorder ini sudah ada sejak OS Android 10, tetapi fitur ini dibuat lebih menarik tampilannya. Cara menggunakan fitur screen recorder di Andorid 11 sangatlah mudah, anda tinggal mengusap layar kebawah dengan 2 jari untuk masuk ke menu “Quick Setting”. Setelah itu tekan ikon pensil di kiri bagian bawah untuk membuka menu perekaman yang tersedia dan pilih “Screen record” untuk memulai perekaman layar.

Rekomendasi Aplikasi

Fungsi dari fitur ini adalah untuk mengatur aplikasi-aplikasi yang paling sering digunakan. Sekilas, fitur ini mirip seperti laci aplikasi yang juga berfungsi untuk mengelompokkan aplikasi secara otomatis. Hanya saja, pada OS Android 11, fitur ini ditempatkan pada halaman utama atau layar beranda.

Pengontrol Smart Home di Tombol Daya

Pada sistem operasi Android 11, fitur ini berfungsi untuk mempermudah akses pengguna ke fitur-fitur tertentu yang berkaitan dengan kendali rumah pintar melalui tombol daya. Fitur ini juga memudahkan pengguna untuk mengontrol perangkat Smart Home yang terhubung ke Google Home, kapan saja dan dimana saja hanya dengan melalui ponsel Android mereka.

Mode Do Not Disturb

Anda dapat mengontrol percakapan tertentu dengan menonaktifkan notifikasi yang dianggap kurang prioritas.

Dihimpun KompasTekno dari Gizmodo, Rabu (9/9/2020) caranya mudah, Anda cukup mengaktifkan mode “Do Not Disturb” di menu pengaturan ponsel lalu memilih aplikasi perpesanan apa saja yang akan dibungkam.

App Permission

Sesuai dengan namanya, fitur ini akan menawarkan opsi untuk memberikan izin sementara pada aplikasi yang ingin mengakses fitur tertentu pada ponsel, seperti kamera, mikrofon, dan data lokasi. App Permission pada Android 11 juga dianggap dapat membuat ponsel pengguna jauh lebih aman.

Media Control

Fitur ini mempermudah pengguna untuk beralih ke output media eksternal seperti speaker bluetooth atau Google Home Speaker yang akan ditampilkan melalui ikon di menu pemberitahuan perangkat. Fitur ini mirip seperti yang ada di perangkat Apple, yaitu AirPlay pada Control Center iOS.

Emoji Baru

Android 11 menghadirkan sejumlah emoji baru dan beberapa simbol yang telah dimodifikasi. Sejumlah emoji baru tersebut di antaranya yaitu kucing berwarna hitam, ekspresi wajah tersenyum dengan air mata, bubble tea, wajah yang dilengkapi dengan aksesori kacamata dan kumis, bumerang, jari yang terjepit, truk pickup, orang berpelukan, dan masih banyak lagi.

Dark Theme

Pada Android 11, pengguna bisa menjadwalkan mode gelap agar dapat aktif secara otomatis. Pilihan yang tersedia adalah mengaktifkan mode gelap dari petang hingga pagi atau mengaturnya secara custom.

Mengubah Ukuran Picture in Picture

Fitur ini memudahkan pengguna untuk dapat berpindah ke halaman lain, tanpa menyetop atau keluar dari aplikasi yang sedang dijalankan. Pada Android 11 ini, Google juga memungkinkan penggunanya dapat memperbesar dan memperkecil ukuran video atau memposisikannya di manapun.

Screenshot Panjang

Tangkapan layar atau screenshot menjadi fitur yang cukup penting saat ini. Di Android 11, Google menambahkan tool untuk menangkap gambar berformat panjang. Itu artinya, gambar yang tertangkap tidak hanya yang berada di area layar saja, tapi keseluruhan gambar yang digulir dari atas ke bawah.

Notifikasi Prioritas

Android 11 membagi notifikasi perpesanan menjadi dua kategori. Pertama, notifikasi utama dan notifikasi yang diprioritaskan. Untuk notifikasi prioritas, nantinya pemberitahuan akan dimunculkan di bagian paling atas panel notifikasi.

Pin Item Menu Share

Fitur ini bisa menyematkan aplikasi atau item tertentu di menu share (bagikan). Hal ini mempermudah pengguna apabila sering mengirimkan apapun kepada beberapa penerima tertentu.

Akses Mini Game

Google menambahkan format game ukuran kecil (mini game) yang dapat dipakai untuk menunjukkan alur permainan. Untuk membuka game ukuran kecil ini, pengguna cukup menekan lama tombol daya lalu klik ikon tiga titik untuk langsung menjajal permainan tersebut. (sumber: tekno.kompas.com)