Nama Nama Bulan Hijriyah

Bulan Hijriyah adalah kalender yang digunakan oleh umat Muslim untuk menentukan waktu ibadah, seperti puasa, sholat, zakat, dan haji. Kalender ini berbeda dengan kalender Gregorian yang digunakan di sebagian besar dunia. Berikut adalah nama-nama bulan Hijriyah yang perlu kita ketahui:

1. Muharram

Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Hijriyah. Muharram berasal dari kata haram yang artinya suci. Bulan ini dianggap suci oleh umat Muslim karena di dalamnya terdapat peristiwa penting, yaitu peristiwa Ashura.

2. Safar

Safar adalah bulan kedua dalam kalender Hijriyah. Safar berasal dari kata sifr yang artinya kosong. Bulan ini dianggap kurang baik oleh sebagian orang karena terdapat beberapa peristiwa buruk yang terjadi pada bulan ini.

3. Rabiul Awal

Rabiul Awal adalah bulan ketiga dalam kalender Hijriyah. Rabiul Awal berasal dari kata rabi yang artinya musim semi. Bulan ini dianggap penting oleh umat Muslim karena di dalamnya terdapat peristiwa penting, yaitu kelahiran Nabi Muhammad SAW.

4. Rabiul Akhir

Rabiul Akhir adalah bulan keempat dalam kalender Hijriyah. Rabiul Akhir berasal dari kata rabi yang artinya musim semi. Bulan ini dianggap kurang baik oleh sebagian orang karena terdapat beberapa peristiwa buruk yang terjadi pada bulan ini.

5. Jumadil Awal

Jumadil Awal adalah bulan kelima dalam kalender Hijriyah. Jumadil Awal berasal dari kata jumad yang artinya kaku. Bulan ini dianggap kurang baik oleh sebagian orang karena terdapat beberapa peristiwa buruk yang terjadi pada bulan ini.

6. Jumadil Akhir

Jumadil Akhir adalah bulan keenam dalam kalender Hijriyah. Jumadil Akhir berasal dari kata jumad yang artinya kaku. Bulan ini dianggap kurang baik oleh sebagian orang karena terdapat beberapa peristiwa buruk yang terjadi pada bulan ini.

7. Rajab

Rajab adalah bulan ketujuh dalam kalender Hijriyah. Rajab berasal dari kata raja’ yang artinya menghormati. Bulan ini dianggap suci oleh umat Muslim karena di dalamnya terdapat peristiwa penting, yaitu Isra’ Mi’raj.

8. Sya’ban

Sya’ban adalah bulan kedelapan dalam kalender Hijriyah. Sya’ban berasal dari kata sya’ba yang artinya cabang. Bulan ini dianggap penting oleh umat Muslim karena di dalamnya terdapat peristiwa penting, yaitu Nuzulul Quran.

9. Ramadhan

Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Hijriyah. Bulan ini dianggap suci oleh umat Muslim karena di dalamnya terdapat peristiwa penting, yaitu turunnya Al-Quran. Selama bulan ini, umat Muslim berpuasa selama satu bulan penuh.

10. Syawal

Syawal adalah bulan kesepuluh dalam kalender Hijriyah. Bulan ini dianggap penting oleh umat Muslim karena di dalamnya terdapat peristiwa penting, yaitu Idul Fitri. Idul Fitri adalah hari raya umat Muslim yang dirayakan setelah selesai berpuasa selama sebulan penuh.

11. Dzulqa’dah

Dzulqa’dah adalah bulan sebelas dalam kalender Hijriyah. Dzulqa’dah berasal dari kata dzol yang artinya kekurangan. Bulan ini dianggap penting oleh umat Muslim karena di dalamnya terdapat peristiwa penting, yaitu Haji.

12. Dzulhijjah

Dzulhijjah adalah bulan terakhir dalam kalender Hijriyah. Dzulhijjah berasal dari kata hajj yang artinya haji. Bulan ini dianggap suci oleh umat Muslim karena di dalamnya terdapat peristiwa penting, yaitu Idul Adha. Idul Adha adalah hari raya umat Muslim yang dirayakan setelah selesai melaksanakan ibadah haji.

Kesimpulan

Sekian daftar nama-nama bulan Hijriyah yang perlu kita ketahui. Dengan mengetahui nama-nama bulan ini, kita dapat lebih memahami kalender Hijriyah dan dapat mempersiapkan diri untuk menjalankan ibadah dengan lebih baik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.