Contoh Mubtada Khabar dalam Al Quran
Contoh Mubtada Khabar dalam Al Quran

Contoh Mubtada Khabar dalam Al Quran

Al-Quran adalah kitab suci bagi umat Islam yang berisi petunjuk, ajaran, dan pedoman hidup dari Allah SWT. Di dalam Al-Quran, terdapat banyak ayat yang memberikan informasi mengenai tata bahasa Arab, termasuk tentang mubtada khabar. Mubtada khabar adalah salah satu konsep tata bahasa Arab yang sering digunakan dalam Al-Quran. Berikut adalah beberapa contoh mubtada khabar dalam Al-Quran:

1. “Dzalikal kitabu laa rayba fiih” (QS. Al-Baqarah: 2)

Ayat di atas merupakan salah satu contoh mubtada khabar dalam Al-Quran. Kata “dzalika” merupakan mubtada, sedangkan “kitabu” merupakan khabar. Artinya, “Kitab itu tidak diragukan lagi kebenarannya.”

2. “Inna fii khalaqis samaawaati wal ardhi” (QS. Ali Imran: 190)

Ayat di atas juga merupakan contoh mubtada khabar dalam Al-Quran. Kata “inna” merupakan mubtada, sedangkan “khalaqis samaawaati wal ardhi” merupakan khabar. Artinya, “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi.”

3. “Wa mina alnnasi man yattakhidhu min dooni Allahi andadan yuhibboonahum kahubbillahi waallatheena amanoo ashaddu hubban lillah” (QS. Al-Baqarah: 165)

Ayat di atas juga mengandung mubtada khabar. Kata “wa mina alnnasi” merupakan mubtada, sedangkan “yattakhidhu min dooni Allahi andadan yuhibboonahum kahubbillahi waallatheena amanoo ashaddu hubban lillah” merupakan khabar. Artinya, “Dan di antara manusia ada yang menyembah selain Allah sebagai sesembahan, mereka mencintai mereka sebagaimana mencintai Allah, padahal orang yang beriman itu lebih cinta kepada Allah.”

4. “Wamaa qadarullaha haqqa qadrihi wamaa allahu bi ghaafilin ‘ammaa ta’maloon” (QS. Al-An’am: 91)

Ayat di atas juga termasuk contoh mubtada khabar dalam Al-Quran. Kata “wamaa qadarullaha haqqa qadrihi” merupakan mubtada, sedangkan “wamaa allahu bi ghaafilin ‘ammaa ta’maloon” merupakan khabar. Artinya, “Dan mereka tidak menghargai Allah dengan penghargaan yang seharusnya, padahal Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan.”

5. “Qul huwa Allahu ahad” (QS. Al-Ikhlas: 1)

Ayat di atas juga mengandung mubtada khabar. Kata “qul” merupakan mubtada, sedangkan “huwa Allahu ahad” merupakan khabar. Artinya, “Katakanlah: Dialah Allah, Yang Maha Esa.”

6. “Allahu laa ilaaha illa huwa alhayyu alqayyoomu” (QS. Al-Baqarah: 255)

Ayat di atas juga termasuk contoh mubtada khabar dalam Al-Quran. Kata “Allahu” merupakan mubtada, sedangkan “laa ilaaha illa huwa alhayyu alqayyoomu” merupakan khabar. Artinya, “Allah, tidak ada Tuhan selain Dia, Yang Maha Hidup, Yang terus-menerus mengurus (makhluk-Nya).”

7. “Inna allatheena amanoo wa ‘amiloo alssalihati kaanat lahum jannatu alFirdawsi nuzulan” (QS. Al-Kahfi: 107)

Ayat di atas juga merupakan contoh mubtada khabar dalam Al-Quran. Kata “inna” merupakan mubtada, sedangkan “allatheena amanoo wa ‘amiloo alssalihati kaanat lahum jannatu alFirdawsi nuzulan” merupakan khabar. Artinya, “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, bagi mereka surga Firdaus menjadi tempat tinggal.”

8. “Qul a’udhu bi Rabbil falaqi” (QS. Al-Falaq: 1)

Ayat di atas juga mengandung mubtada khabar. Kata “qul” merupakan mubtada, sedangkan “a’udhu bi Rabbil falaqi” merupakan khabar. Artinya, “Katakanlah: Aku berlindung kepada Rabb yang memelihara subuh.”

9. “Qul a’udhu bi Rabbin naas” (QS. An-Naas: 1)

Ayat di atas juga termasuk contoh mubtada khabar dalam Al-Quran. Kata “qul” merupakan mubtada, sedangkan “a’udhu bi Rabbin naas” merupakan khabar. Artinya, “Katakanlah: Aku berlindung kepada Rabb manusia.”

10. “Wa maa arsalnaa min rasulin illaa bilisaa ni qawmihi liyubayyina lahum” (QS. Ibrahim: 4)

Ayat di atas juga merupakan contoh mubtada khabar dalam Al-Quran. Kata “wa maa arsalnaa min rasulin” merupakan mubtada, sedangkan “illaa bilisaa ni qawmihi liyubayyina lahum” merupakan khabar. Artinya, “Dan kami tidak mengutus seorang rasulpun melainkan dengan bahasa kaumnya, agar dia dapat memberikan penjelasan kepada mereka.”

11. “Wa qul jaa alhaqqu wazhaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqaa” (QS. Al-Israa: 81)

Ayat di atas juga mengandung mubtada khabar. Kata “wa qul” merupakan mubtada, sedangkan “jaa alhaqqu wazhaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqaa” merupakan khabar. Artinya, “Dan katakanlah: Kebenaran telah datang dan kebatilan telah lenyap. Sesungguhnya kebatilan itu pasti lenyap.”

12. “Wa laqad karramnaa bani aadama wa hamalnaahum fil barri wal bahri wa razaqnaahum mina alththamarati la’allahum yashkuroon” (QS. Al-Israa: 70)

Ayat di atas juga termasuk contoh mubtada khabar dalam Al-Quran. Kata “wa laqad karramnaa bani aadama” merupakan mubtada, sedangkan “wa hamalnaahum fil barri wal bahri wa razaqnaahum mina alththamarati la’allahum yashkuroon” merupakan khabar. Artinya, “Dan sungguh, Kami telah menghormati anak Adam dan Kami angkut mereka di daratan dan di laut, dan Kami berikan kepada mereka rezeki dari yang baik-baik, dan sungguh, Kami lebih mengutamakan mereka daripada kebanyakan makhluk yang Kami ciptakan.”

13. “Wa Huwa ma’akum ainamaa kuntum” (QS. Al-Hadid: 4)

Ayat di atas juga merupakan contoh mubtada khabar dalam Al-Quran. Kata “wa Huwa” merupakan mubtada, sedangkan “ma’akum ainamaa kuntum” merupakan khabar. Artinya, “Dan Dia (Allah) bersama kamu di mana saja kamu berada.”

14. “Wa ‘alaa Allahi falyatawakkali almutawakkiloon” (QS. Az-Zumar: 38)

Ayat di atas juga mengandung mubtada khabar. Kata “wa ‘alaa Allahi” merupakan

Artikel Contoh Mubtada Khabar dalam Al Quran

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM