Jelaskan pengertian demokrasi pancasila ?
Jelaskan pengertian demokrasi pancasila ?

Jelaskan pengertian demokrasi pancasila ?

Soal : Jelaskan pengertian demokrasi pancasila ?
Kelas: SMP
Mata pelajaran: PPKn
Kategori: Demokrasi

Jawaban

Demokrasi Pancasila merupakan sistem ketatanegaraan yang kita anut hingga dewasa ini. Sistem demokrasi Pancasila merupakan pengembangan dari bentuk asli sistem demokrasi yang telah disesuaikan dengan jati diri dan kebutuhan bangsa serta negara Indonesia. Demokrasi sendiri dapat diartikan sebagai sistem ketatanegaraan yang pemerintahnya berupaya untuk mewujudkan suatu kedaulatan rakyat sebagai kedaulatan tertinggi dalam negara. Hal ini erat dengan makna harafiah dari demokrasi itu sendiri yaitu demos yang artinya rakyat dan kratos yang artinya kekuasaan.

Secara khusus, negara kita menganut demokrasi Pancasila. Demokrasi Pancasila merupakan sistem demokrasi yang dilaksanakan dengan mengutamakan asas musyawarah mufakat untuk kepentingan bersama yang bersumber pada falsafah hidup dan kepribadian bangsa Indonesia. Dalam hal ini, yang dimaksud dengan falsafah hidup dan kepribadian bangsa Indonesia tak lain dan tak bukan adalah Pancasila itu sendiri. Oleh karena itu, bahkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sekalipun, kita harus mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila.

Dalam demokrasi Pancasila, setidaknya terdapat 2 asas utama:

1. asas kerakyatan

Asas ini berdasarkan pada rasa cinta kita kepada masyarakat, menyatu dengan nasib dan cita-cita seluruh bangsa, serta menanamkan dalam diri jiwa kerakyatan sebagai satu bangsa dengan satu hati, senasib, sepenanggungan, dan satu cita-cita bersama seluruh rakyat.

2. asas musyawarah untuk mufakat

Asas ini memberikan kebebasan bagi rakyat untuk menyampaikan aspirasinya melalui wadah forum permusyawaratan. Dengan adanya forum ini, diharapkan segala aspirasi dapat ditampung dan menghasilkan kesepakatan bersama untuk mencapai cita-cita yang kita harapkan sebagai bangsa dan negara.