Jelaskan mengenai penyalahgunaan teknologi sebagai faktor eksternal dari pelanggaran ham

Soal : Jelaskan mengenai penyalahgunaan teknologi sebagai faktor eksternal dari pelanggaran HAM …

Jawaban :

Teknologi informasi yang berkembang saat ini memungkinkan individu untuk berbagi pandangan kritis dan untuk menemukan informasi yang obyektif penggunaan Internet telah memunculkan kesempatan baru bagi warga negara untuk menyuarakan aspirasi mereka dan mendapatkan respon dalam cara dan skala yang tidak terpikirkan Disini terlihat bahwa teknologi informasi melalui elektronik atau internet berhubungan erat dengan pelaksanaan hak untuk berpendapat dan berekspresi sebagi bagian dari hak asasi manusia ( untuk selanjutnya HAM).

Jelaslah sudah bahwa Internet menawarkan kesempatan yang belum pernah ada sebelumnya untuk menegakkan dan mempromosikan HAM dan sekaligus memainkan peran yang semakin penting dalam salah satu hak kehidupan kita sehari-hari, yaitu berinformasi, berpendapat dan berekspresi. Bahkan secara khusus, sudah mendesak perlu adanya tata kelola (governance) atas Internet yang pro pada HAM.

Contoh dari penyalahgunaan teknologi yang mengakibatkan pelanggaran HAM ialah adanya diskriminasi atau pelecehan yang berkaitan dengan SARA di media sosial. Penyalahgunaan teknologi termasuk pada faktor eksternal yang merupakan penyebab terjadinya pelanggaran HAM.