Kebutuhan masyarakat kota akan bahan pokok yang terus meningkat dipenuhi oleh masyarakat desa

Soal : Kebutuhan masyarakat kota akan bahan pokok yang terus meningkat dipenuhi oleh masyarakat desa, sedangkan desa membutuhkan teknologi dari kota untuk meningkatkan hasil pertanian. Uraian tersebut dikaji menggunakan konsep…

A. interaksi
B. nilai kegunaan
C. keterkaitan ruang
D. keterjangkauan
E. aglomerasi

Jawaban : A. interaksi

Kebutuhan masyarakat kota akan bahan pokok yang terus meningkat dipenuhi oleh masyarakat desa. Sedangkan desa membutuhkan teknologi dari kota untuk meningkatkan hasil pertaniannya. Uraian tersebut dapat dikaji dengan menggunakan konsep interaksi interdependensi. Karena adanya hubungan keterkaitan antara wilayah desa dan kota.

Penjelasan :

Konsep interaksi interdependensi merupakan konsep dasar geografi mengenai hubungan antara dua wilayah yang saling tergantung. Contoh dari konsep interaksi interdependensi adalah kajian mengenai hubungan antara Kota Jakarta dan Kota Depok. Kota Jakarta menyediakan lapangan pekerjaan bagi penduduk Depok, sedangkan Kota Depok menyediakan lahan permukiman.

Jawaban A. interaksi menurut saya ini yang paling benar, karena kalau dibandingkan dengan pilihan yang lain, ini jawaban yang paling pas tepat, dan akurat.

Jawaban B. nilai kegunaan menurut saya ini 100% salah, karena sudah melenceng jauh dari apa yang ditanyakan.

Jawaban C. keterkaitan ruang menurut saya ini juga salah, karena dari buku yang saya baca ini tidak masuk dalam pembahasan.

Jawaban D. keterjangkauan menurut saya ini salah, karena dari apa yang ditanyakan, sudah sangat jelas jawaban ini tidak saling berkaitan.

Jawaban E. aglomerasi menurut saya ini salah, karena setelah saya cari di google, jawaban tersebut lebih tepat digunkan untuk pertanyaan lain.