Daerah hilir mengalami banjir karena pembangunan yang terjadi di daerah hulu
Daerah hilir mengalami banjir karena pembangunan yang terjadi di daerah hulu

Daerah hilir mengalami banjir karena pembangunan yang terjadi di daerah hulu

Daerah hilir yang mengalami banjir karena adanya pembangunan yang terjadi di daerah hulu merupakan contoh konsep geografi ….

a. pola
b. jarak
c. lokasi
d. diferensiasi area
e. keterkaitan keruangan

Jawaban : e. keterkaitan keruangan

Penjelasan :

Konsep adalah pengertian abstrak dari sesuatu hal. Konsep geografi akan selalu berhubungan dengan ruang, baik secara fisik maupun sosialnya. Konsep geografi merupakan analisis yang digunakan untuk merumuskan fenomena geografi dipermukaan bumi.

Konsep keterkaitan keruangan atau asosiasi keruangan adalah derajat keterkaitan persebaran suatu fenomena dengan fenomena lain di suatu tempat atau ruang. Fenomena yang dimaksud adalah fenomena alam dan fenomena kehidupan sosial. Contohnya adalah keterkaitan antara tingkat erosi dengan kesuburan tanah.

Maka daerah hilir yang mengalami banjir karena adanya pembangunan yang terjadi di daerah hulu dapat di kaji dengan knsep keterkaitan keruangan.

Disclaimer : Ini merupakan pembahasan kunci jawaban untuk soal daerah hilir mengalami banjir karena pembangunan yang terjadi di daerah hulu yang sifatnya sebagai referensi orangtua untuk membantu anak-anaknya dalam belajar.

Jawaban dari soal-soalnya ini mungkin tidak mutlak kebenarannya, jadi para orang tua dan siswa bisa mengembangkannya menjadi jawaban yang lebih baik dan benar. dengan mencari jawabannya dari buku sekolah sesuai kurikulum yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.