transfer google play music to youtube music
Layanan Google Play Music akan segera di Nonaktifkan (Foto: fossbytes)

Cara Transfer Daftar Pustaka Lagu Dari Google Play Music Ke Youtube Music

Google Play Music rencananya akan dinonaktifkan pada akhir tahun 2020 ini dan menjadikan YouTube Music satu-satunya layanan streaming musik dari Google. Namun sebelum itu terjadi, Anda akan memiliki kesempatan untuk mentransfer pustaka musik, rekomendasi, lagu yang dibeli, dan upload pribadi ke YouTube Music hanya dengan beberapa klik. Ini akan memastikan bahwa Anda tidak akan kehilangan konten apa pun saat Anda akhirnya menghentikan pemutaran Google Play Musik.

Transfer dapat dilakukan menggunakan perangkat Android, iPhone, atau dari web. Apa pun metode yang Anda pilih, semua elemen Anda ditransfer di latar belakang, dan Anda akan dapat mendengarkan YouTube Music dan menggunakan aplikasi seperti biasa.

Cara Transfer Dari Smartphone Android dan juga iPhone

transfer google play music account

Prosesnya sama untuk perangkat seluler terlepas dari apakah Anda menggunakan Android atau iOS.

  • Pastikan Anda menginstal YouTube Music terbaru dari Google Play atau App Store
  • Buka YouTube Music. Anda mungkin mendapatkan munculan untuk beriklan di YouTube Music Premium. Abaikan saja untuk saat ini.
  • Di layar utama, Anda akan melihat banner bertuliskan “Transfer Play Music Library”. Jika Anda masuk ke pengaturan aplikasi, Anda juga akan melihat opsi baru “Transfer dari Google Play Musik”, yang merupakan cara kedua untuk memulai proses. Jika Anda tidak dapat menemukan salah satu metode tersebut, Google mungkin belum meluncurkan fitur transfer ke akun Anda, jadi periksa kembali.
  • Klik “Let’s Go”. YouTube Music kemudian akan menampilkan semua yang akan Anda migrasikan dari Google Play Musik, termasuk lagu, album, playlist, pembelian, download, profil / rekomendasi Anda, dan lagu yang Anda suka dan tidak suka.
  • Klik “Start Transfer” di bagian bawah, dan prosesnya akan dimulai.
  • Setelah proses dimulai, bilah status akan menampilkan “Transfer Perpustakaan Google Play Musik” di bagian atas YouTube Music. Bergantung pada ukuran perpustakaan Anda dan jumlah orang lain yang saat ini dalam proses transfer, migrasi dapat berlangsung dalam beberapa menit atau beberapa hari. Hal-hal seperti daftar putar dan preferensi selera Anda akan dikirim hampir secara instan, karena unggahan dan pembelian membutuhkan waktu lebih lama karena Google membuat salinan langsung dari file-file ini.
  • Saat transfer selesai, Anda akan menerima pemberitahuan di aplikasi dan email yang mengonfirmasi semuanya sudah siap
  • Setelah semuanya selesai, lihat dan pastikan semuanya telah menyelesaikan perjalanan dengan sukses. Sekarang Anda akan melihat baris “Lanjutkan mendengarkan dari Google Play Musik” di layar utama untuk membuat transisi lebih lancar saat Anda mengenal aplikasi YouTube Music.

Cara Transfer Daftar Music Dari Web Browser

Anda juga dapat mulai mentransfer dari YouTube Music ke web – baik di ponsel atau dari browser desktop. Video di bawah ini menyentuh proses ini, yang tidak terlalu jauh dari proses seluler.

Jika Anda tetap menggunakan Google Play Musik, Anda perlu mentransfer lagi karena Google Play Musik tetap tersedia untuk saat ini, dan Anda akan dapat terus mengakses layanan bahkan setelah Anda memigrasi perpustakaan ke YouTube Music. Namun jika Anda membuat perubahan pada playlist atau bagian lain dari library Google Play Musik Anda, Anda perlu melakukan transfer lain agar playlist tersebut muncul di YouTube Music. Kedua layanan tidak menyinkronkan konten.

Untungnya, Google hanya mentransfer apa yang telah berubah atau baru selama transfer berikutnya dan tidak akan mencoba untuk menyalin seluruh perpustakaan Anda lagi. Teksnya juga akan terbaca sedikit berbeda, dan seharusnya berbunyi seperti “Pindahkan pengaya Google Play Musik terbaru”.