Salah satu contoh peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang perbankan adalah
Salah satu contoh peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang perbankan adalah

Salah satu contoh peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang perbankan adalah

Salah satu contoh peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang perbankan adalah …

A. Elearning

B. GOverment

C. Camerce

D. Banking

Jawaban : D. Banking

Penjelasan :

Contoh peranan teknologi informasi dan komunikasi pada bidang perbankan adalah aplikasi mobile banking. Untuk membuat aplikasi mobile banking, diperlukan teknologi informasi dan komunikasi. Seperti bahasa pemrograman, jaringan komputer hingga cara mengamankan transaksi perbankan.

Perkembangan teknologi juga membuat banyak bank digital bermunculan, bank digital adalah bank yang memaksimalkan seluruh layanannya menggunakan teknologi digital.

Pembahasan

Perbankan adalah salah satu bidang yang harus selalu update dengan teknologi, selain untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi, penggunaan teknologi pada perbankan juga bisa membantu perbankan dalam menyimpan dan mengolah data-data transaksi. Selain aplikasi mobile banking, penggunaan teknologi dan komunikasi di bidang perbankan lainnya adalah

  • Internet banking, sama dengan mobile banking, namun internet banking biasanya berbasis web based.
  • Pembukaan rekening online, dengan fitur ini, nasabah dapat membuka rekening melalui aplikasi perbankan tanpa harus datang ke kantor bank.
  • ATM (Automatic Teller Machine), merupakan salah satu layanan yang dimiliki oleh semua bank, dengan ATM, nasabah bank akan lebih mudah dalam bertransaksi, seperti setor tunai hingga transfer ke bank lain.
  • Bot customer service, seiring dengan perkembangan teknologi, layanan customer service juga sudah mulai dialihkan menggunakan bot yang akan secara otomatis menjawab pertanyaan nasabah saat mengajukan komplain atau pertanyaan mengenai produk perbankan.

Perkembangan teknologi di segala bidang, termasuk perbankan akan memudahkan pekerjaan manusia, namun saat semua pekerjaan dapat dikerjakan secara otomatis, maka karyawan perbankan juga akan dikurangi, karena pekerjaannya sudah dapat dikerjakan oleh mesin maupun aplikasi atau software.