Home / Apps / TrueCaller, Aplikasi Pelacak Nomor Telepon Anonim
aplikasi truecaller

TrueCaller, Aplikasi Pelacak Nomor Telepon Anonim

Baru-baru ini di indonesia dihebohkan dengan tweet seorang pengamat politik dan di yang katanya telah membongkar chat palsu group Whatsapp anak STM yang ikut melakukan demo, yang mana di screenshot group WA itu terdapat nomer telepon yang kemudian dicek menggunakan aplikasi TrueCaller ini adalah seorang polisi.

Nah ramailah para netizen +62 ini yang akhirnya viral di semua sosial , yang awal pembahasannya di twitter akhirnya merambat ke facebook dan instagram. Beritanyapun viral dan menjadi trending topik yang akhirnya menjadi berita nasional. Nah yang mendapat keuntungan adalah si Aplikasi TrueCaller ini, tanpa mengeluarkan biaya tapi sudah menjadi pembahasan di indonesia. Sebenernya aplikasi apa sih ini?

Fitur dan Spesifikasi TrueCaller

Pengirim Pesan Cerdas:
– Mengobrol Gratis dengan teman dan keluarga di Truecaller
– Otomatis mengidentifikasi setiap SMS tak dikenal
– Otomatis memblokir spam dan SMS pemasaran
– Memblokir menurut nama dan seri nomor

Pemutar Nomor yang Ampuh:
– ID Penelepon terbaik sedunia akan mengetahui siapa saja yang menelepon Anda
– Blokir spam dan pemasaran lewat telepon
– Lihat nama dari nomor tak dikenal di riwayat panggilan
– Rekaman Telepon – Merekam panggilan telepon penting dan menyimpannya di ponsel Anda
– Pengirim pesan Flash – Berbagi lokasi, emoji, & status dalam sekejap kepada teman Anda
– Mencadangkan riwayat telepon, kontak, pesan, dan pengaturan ke Google Drive

Truecaller Premium – Tingkatkan dan dapatkan akses ke:
– Merekam panggilan telepon
– Ketahui siapa yang melihat profil Anda
– Opsi untuk melihat profil secara privat
– Dapatkan lencana Premium di profil Anda
– 30 permintaan kontak per bulan
– Tanpa iklan

Truecaller Gold – Tampil menonjol di antara yang lain:
– ID Penelepon Gold
– Dukungan prioritas tinggi

Download Android : Link Disni 

Download IOS : Link Disini

Menurut informasi dari Lifewire, Aplikasi Truecaller adalah aplikasi smartphone untuk android dan IOS yang bisa menunjukkan nama dan siapa pengguna yang menelepon walaupun no hp tersebut belum tersimpan di hp kamu. Sehingga bisa mengetahui jika mendapatkan telepon spam.

Hal ini tentunya bisa sangat membantu privasi kita dari telepon yang tidak perlu ataupun telepon penipuan. Ini menjadi sangat bagus untuk bisa mengidentifikasi dan akhirnya bisa memblokir panggilan-panggilan yang tidak diinginkan dengan mencocokan nama dan nomor sipenelepon.

Fitur Aplikasi TrueCaller

Screenshot_5fitur truecaller

Bukan cuman memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi nomor-nomor telepon anonim, Truecaller juga bisa menyelamatkanmu dari penelepon pengganggu dengan kemampuannya yang bisa mendeteksi spam. Truecaller, diklaim memiliki direktori besar untuk penelepon yang sudah masuk kategori spam. dan bisa juga menambahkan daftar hitam nomor tertentu sebagai spam. Dengan cara itu kita bisa memilih tidak diberitahu sama sekali, maka nada sibuk akan muncul di penelepon, dan Anda tak mendengar apa-apa.

Bagaimana Cara Kerja Truecaller?

Menurut website resminya, Truecaller bekerja dengan cara mengumpulkan data no telepon melalui kemitraan dengan berbagai penyedia layanan direktori telepon secara global, jejaring sosial, dan juga ketika para pengguna truecaller menyarankan nama dan nomor telepon melalui situs web dan juga aplikasi Truecaller. Selain itu, untuk semua pengguna aplikasi ini, kontaknya juga akan tersimpan dan diakses oleh truecaller.

Saat kita mendaftarkan akun ke aplikasi ini, maka akan muncul permintaan persetujuan agar aplikasi Truecaller diijinkan untuk melihat dan men-download semua kontak yang terhubung dengan akun Anda. Semua data kontak yang didapat Truecaller, kemudian akan difilter sesuai dengan cara kerja mereka.

Atau banyak orang menyebutnya sebagai crowdsourcing. yang mana sistem ini akan mengolah data dan menggunakan bentuk kecerdasan buatan yang menggunakan crawler dan teknologi prediksi untuk membangun pola dan elemen data, kemudian mereka gunakan untuk mencocokkan nama dan nomor/angka.

Banyak orang yang penasaran dan mencoba mencari nama dan nomor mereka sendiri menggunakan aplikasi ini yang kemudian menemukan hal yang aneh dan lucuc, nama dari nomor mereka sebagai nama-nama yang aneh, lucu dan tidak benar. Hal itu bisa saja terjadi karena memang aplikasi ini membaca berdasarkan hasil pencarian dari daftar kontak para pengguna TrueCaller.

Selain itu, sering terjadi didapatkan data yang sudah tidak valid dan tak akurat tentang seseorang, karena memang datanya diambil dari daftar kontak orang-orang yang sudah tidak update no terbaru.