Tips Jitu Foto Saat Malam Hari Pakai Kamera HP, Hasilnya Dijamin Memuaskan!

Teknologi yang ada di smartphone / HP terus berkembang dan semakin canggih, salah satunya adalah fitur kameranya yang sudah mendukung fitur kamera night mode yang bisa menghasilkan gambar/foto yang bagus meskipun dalam tempat yang kekurangan cahaya (gelap).

Nah pada kesempatan kali ini teknobgt sudah merangkum dari berbagai sumber tentang bagaimana cara menghasilkan foto yang bagus saat malam hari menggunakan kamera HP.

4 Tips Foto Malam Hari Dengan Kamera HP

Contoh hasil kamera night mode

Night Mode

Smartphone Android saat ini sudah mendukung fitur night mode, terutama pada seri-seri terbaru. fitur night mode atau dalam bahasa indonesianya adalah mode malam ini sangat membantu pemilik HP tersebut untuk mengambil gambar/foto saat malam hari dengan hasil yang memuaskan.

Meskipun dalam kondisi tempat pengambilan fotonya itu pencahayaannya kurang, fitur night mode ini bisa merubahnya menjadi tampak lebih jelas.

Tapi, saat proses foto dengan night mode itu, kamu harus bersabar saat menekan tombol fotonya, karena setelah menakan tombol kameranya itu butuh 3-4 detik untuk memproses hasilnya.

Gunakan Tripod Agar Stabil

Seperti tadi yang kami sebutkan bahwa, ada loading beberapa detik setelah menekan tombol fotonya dan kamu harus tetap stanbykan kamera HP tersebut hingga hasil fotonya keluar. Hal tersebut karena sistem kamera menggunakan shutter speed rendah.

Pada posisi shutter speed seperti itu akan rentan terhadap guncangan. Nah, agar hasilnya lebih maksimal dan tidak goyang saat memfoto, kamu bisa memanfaatkan tripod agar lebih stabil.

Foto Siluet

Malam hari adalah waktu yang tepat jika kamu ingin membuat foto siluet karena ada banyak titik cahaya dari lampu yang bisa kamu gunakan dengan metode backlighting.

Caranya adalah tempatkan cahaya berada di belakang objek foto, dengan cara ini kamu bisa menghasilkan foto dengan efek visial yang lebih kreatif.

Baca Juga  HP Kamu Terendam Banjir? Begini Cara Menyelamatkannya Agar Tidak Korslet!

Mode Manual Dengan Atur Shutter Speed

Selanjutnya kamu bisa menggunakan mode manual di kamera HP, dengan mode tersebut kamu bisa mengatur shutter speednya yang disesuaikan pencahayaan di tempat fotonya. Kamu bisa mengakali shutter speed agar bisa mendapatkan long exposure.

Kamera HP standarnya itu menggunakan mode otomatis, tetapi pada umumnya memiliki mode manual atau profesional yang bisa mengatur shutter speednya. Caranya sangatlah mudah, Shutter speed ini biasanya disingkat dengan huruf S.

Itulah rangkuman tips yang bisa kamu coba untuk foto saat malam hari dengan kamera HP. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *