cara menghubungkan hp ke tv biasa

Cara Mudah Untuk Menghubungkan HP Ke TV Biasa

Pada artikel kali ini teknobgt ingin membagikan tips bagaimana cara menghubungkan hp ke tv biasa, Jadi kamu bisa merubah TV biasa (LED TV, LCD TV, ataupun TV tabung) layaknya sebuat smart TV yang bisa menampilkan apa yang ada di HP Android kamu.

Nah, mungkin masih banyak yang mengira bahwa TV biasa itu tidak bisa kamu jadikan layaknya sebuah smart TV dengan bisa menampilkan tampilan android yang ada di HP kamu. Padahal dengan bantuan sebuah alat ini, kamu bisa streaming youtube hingga Netflix di TV biasa kamu, bisa bermain game dan masih banyak yang bisa kamu lakukan.

Tidak usah berlama-lama lagi, berikut ini langkah-langkah cara menghubungkan HP Android ke TV biasa semua merk (Sony, LG, Samsung, Polytron, Panasonic dan yang lainnya). Intinya sih TV kamu sudah support dengan input kabel RCA (kabel 3 warna).

Cara Sambung HP Android Ke TV Biasa

Perlu diketahui juga bahwa cara menyambungkan hp ke tv ini bisa kamu coba untuk berbagaimacam tipe / merk HP, seperti Xiaomi, Samsung, Oppo dan yang lainnya. Tapi, sebelum membahas cara-cara menghubungkannya, adabaiknya kamu harus mempersiapkan alat-alat berikut ini :

  1. TV Biasa / TV Tabung (Semua Merk) dalam kondisi normal
  2. HP (Semua Merk) Adnroid terbaru akan lebih bagus
  3. Wifi Dongle ezCast
  4. Kabel RCA
  5. HDMI to AV RCA Converter

Ada satu hal lagi yang wajib kamu siapkan adalah menginstal aplikasi Wifi Display (miracast) di Hp Android yang akan dihubungkan ke TV tabungnnya. Selain itu kamu juga harus menyiapkan biaya untuk membeli Wifi Dongle ezCast, Kabel RCA dan HDMI to AV RCA Converter yang harganya kisaran 200ribuan jika beli di Shopee.

Baca Juga  Masih Bingung Cara Screenshot di Hp Android? Ini Langkah Mudahnya Untuk Semua Merek

Lanjut untuk proses instalasi perangkat :

cara menghubungkan hdmi converter ke tv

Berikut ini adalah tahapan-tahapan dalam pemasangan perangkat pendukung tadi :

  • Pertama kamu bisa hubungkan HDMI Converternya dengan kabel RCA sesuai warna dan sambungkan ke TV (input)
  • Jangan lupa untuk menyiapkan colokan listrik agar adaptor HDMI bisa dihubungkan.
  • Setelah itu pasangkan Wifi Dongle ezCast ke HDMI Converternya
  • Setelah kedua perangkat (HDMI Converter dan Wifi Dongle ezCast) sudah menyala, Nyalakan TV dan setting ke mode input AV1

Semua perangkat sudah siap dan tersambung dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah Menghubungkan Hp Android kamu dengan Wifi Dongle ezCastnya. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi Wifi Display (miracast) yang tadi sudah di install.

Cukup mudah untuk menghubungkannya, yaitu cukup buka aplikasinya dan sambungkan ke miracast (tunggu beberapa saat maka proses menghubungkannya akan selesai) dan TV kamu akan otomatis menampilkan apa yang ada di layar HP Android.

Selain cara menghubungkan HP ke TV biasa dengan bantuan converver dan Wifi Dongle, ada juga cara menghubungkan HP Ke TV tanpa kabel. Kamu bisa juga mempelajari cara-caranya pada artikel tersebut. Selamat Mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *