cara membatasi pengguna wifi indihome

Begini Cara Membatasi Pengguna Wifi Indihome di Rumah!

Wifi sangat dibutuhkan untuk orang-orang yang kegiatan sehari-harinya membutuhkan jaringan internet, tapi akan sangat menyebalkan ketika koneksi internetnya tiba-tiba lemot karena terlalu banyak perangkat yang terhubung.

Nah, kali ini teknobgt ini membagikan sedikit tips sederhana bagaimana cara membatasi pengguna wifi khususnya pelanggan indihome yang memasang wifi di rumah, cafe ataupun kantor. Semua penggunanya bisa kamu atur, sehingga jaringan internet yang digunakan tetap stabil.

Membatasi pengguna atau perangkat yang terhubung dengan jaringan Wifi memang wajib kamu lakukan jika tidak ingin internet tiba-tiba lambat karena penggunanya terlalu banyak. Apalagi misalnya kamu sedang melakukan streaming bermain game online, sedangkan pengguna lainnya asik download-download film, tentunya akan berakibat internetnya jadi lambat.

Khusus pelanggan layanan internet dari Indihome yang ingin kecepatan internetnya tetap stabil, bisa mengikuti beberapa cara membatasi pengguna wifi indihome berikut ini.

Cara Membatasi Pengguna Wifi Indihome di Rumah

Perlu diketahui bahwa perangkat wifi dari indihome yang terpasang dirumahmu itu bisa mengatur pengguna yang tersambung, ada beberapa cara untuk mengatur dan membatasi jumlah pengguna jaringan Wifinya. Mau tau apa saja itu? cek selengkapnya berikut ini :

Atur Pengguna Jaringan Wifi Dari Modem

cara atur jumlah pengguna wifi di modem

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membatasi pengguna wifi adalah dengan mensetting di pengaturan modem indihomenya. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Pengaturan ini bisa kamu lakukan dengan Hp ataupun Laptop/komputer, tetapi pastikan terlebih dahulu bahwa perangkatnya sudah terhubung dengan jaringan internet Wifi Indihome yang akan dibatasi penggunanya.
  • Buka browser mozilla ataupun chrome dan setelah itu ketikkan IP modemnya “192.168.1.1” dan enter
  • Setelah itu akan muncul kolom untuk login, isikan dengan standar user berikut ini : Username: user dan Password: user
  • Kemudian jika sudah login, masuk ke pengaturan di menu Network -> Wlan Setting -> Wifi Control. masukkan jumlah pengguna di bagian Wifi Connection Number.
  • jika sudah dirubah, klik submit untuk menyimpan pengaturan tersebut dan coba restart modemnya.
Baca Juga  Wifi Dirumah Lemot? Mungkin Ada Orang lain Yang Pakai, Begini Cara Mengetahuinya

Biasanya di beberapa modem wifi itu pengaturannya ada beberapa perbedaan, seperti pada modem Wifi ZTE ataupun pada Huawei HG 8245H. Berikut ini cara mengaktifkan pengaturan pembatasan pengguna wifi di 2 modem ini :

Pengaturan Pengguna Wifi di Modem ZTE

  1. Langkah pertama adalah buka browser dan masuk ke IP modem ZTE : 192.168.1.1
  2. Kemudian, Network > WLAN > SSID Settings > Maximum Clients > masukkan jumlah pengguna sesuai keinginan Anda.

Pengaturan Pengguna Wifi di Modem Huawei HG 8245H

  1. Buka browser dan ketikkan IP standar modem Huawei 192.168.100.1 setelah itu masuk dengan username: root dan password: admin untuk login
  2. Setelah itu masuk ke menu WLAN > WLAN Basic Configuration
  3. Pilih SSID mana yang ingin dibatasi pengguna internetnya dan atur jumlah maksimal perangkat yang terhubung di bagian kolom Number of Associated Devices.

Atur Dengan Aplikasi P2Pover

P2Pover atur jumlah pengguna wifi

Cara selanjutnya untuk mengatur jumlah pengguna wifi adalah dengan bantuan aplikasi P2Pover. Fungsi dari P2Pover ini adalah bisa mengatur dan membatasi jumlah pengguna ataupun bandwith pada jaringan wifi. Adapun langkah-langkah pengaturannya adalah sebagai berikut :

  • Pastikan kamu sudah menginstal P2Pover di laptop atau PC kamu, jika belum silahkan download terlebih dahulu dengan cara cari di google.
  • Setelah selesai download dan di instal, buka program P2Pover dan masuk ke System Setting > pilih Adaptor Jaringan > lalu pilih OK
  • Kemudian pilih Menu Schedule Setting (beri nama pada pengaturan ini agar tidak tertukar) > setelah itu pilih New > Select All dan pilih OK
  • Sedangkan untuk membatasi jumlah pengguna yang terhubung ke jaringan wifi, kamu bisa mengaktifkannya dari bagian  Control All > kemudian klik Start > lalu pilih Apply Rule to Host Selected dengan cara klik kanan di salah satu bagian. Jika ingin memblokir perangkat bisa pilih menu Drop > kemudian pilih Host Selected  dan pilih perangkat yang ingin diblokir. Selesai
Baca Juga  Cara Mengatasi iPhone Tidak Bisa Connect Wifi

NetCut

Putus koneksi intenet perangkat lain dengan netcut

Cara terakhir yang sangat simpel untuk mengurangi pengguna jaringan wifi adalah dengan memanfaatkan fitur dari program NetCut. Pasti sudah pada tahukan dengan kehebatan software ini, apalagi yang dulu sering main-main internet di warnet.

NetCut adalah Software atau program yang sering digunakan untuk mengatur jumlah pengguna yang bisa terhubung ke jaringan wifi. Adapun cara menggunakannya adalah sebagai berikut :

  • Download dan instal terlebih dahulu NetCut di Komputer atau Laptop
  • Setelah itu buka NetCut dan akan menampilkan jumlah perangkat yang terhubung ke wifi
  • Untuk membatasi jumlah pengguna jaringan wifinya, kamu bisa satu persatu memutuskan perangkat yang terhubung tadi Caranya adalah dengan pilih perangkat/IP-nya dan klik tombol Cutt Off.
  • Jika ingin menghubungkan kembali perangkat yang diputuskan tadi, kamu bisa klik tombol Resume. maka secara otomatis akan bisa mengakses internet kembali.

Seperti itulah 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk membatasi pengguna jaringan Wifi Indihome yang kami miliki dirumah, dicafe ataupun dikantor. Yang punya cara lain atau ide bisa kirimkan di kolom komentar agar admin bisa tambahkan di artikel. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *