Augmented Reality teknologi
Ilustrasi Teknolog AR di kacamata pintar yang bisa digunakan untuk teleport. foto: technobothnia.fi

Proyek Baru Mark Zuckerberg, Tahun 2030 Nanti Orang Bisa Teleport Ke Berbagai Lokasi!

Mark Zuckerberg selaku CEO Facebook baru-baru ini membuat pernyataan yang menghebohkan dunia maya, dia mengatakan bahwa nanti pada tahun 2030 semua oran bisa melakukan Teleport ke berbagai lokasi yang dia inginkan.

Mark menamkahkan bahwa teleport ke berbagai lokasi tersebut dibantu dengan Augmented Reality (AR) yang dipasangkan pada kacamata pintar.Dengan teknologi tersebut, semua orang bisa bepergian kemana saja dan melakukan pertemuan tanpa kontak fisik. Cara ini juga menurut Mark bisa mengurangi emisi karbon dimasa depan karena penggunaan kendaraan secara otomatis akan berkurang.

Mark Zuckerberg saat diwawancarai oleh The Information (7/3/2021) mengatakan bahwa proyek “The Holy Grail” dari sosial ekperimen ini adalah sebuah teknologi yang mampu membuat penggunanya bisa merasakan datang dan hadir ketempat orang lain. Tapi teknologi yang dia maksud ini belum rampung.

Sesi wawancara tersebut dilakukan pada saat Perusahaan Facebook dikabarkan akan merilis sepasang kacamata pintar (Smart Glasses) di tahun ini. Jadi Facebook saat ini sedang mengerjakan produk virual reality yaitu Oculus Quest 3 dan 4.

Oculus Quest 2
Penampakan Oculus Quest 2. foto:nytimes.com

Perlu kalian ketahui juga bahwa Oculus Quest ini adalah perangkat yang mendukung penggunaan Virtual reality (VR) yang dipasang pada mata pengguna.

Seperti yang di informasikan oleh laman The Independence, bahwa Mark mengatakan sedang memprediksi kedepannya bisa melakukan pertemuan dengan virtual yang bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa bentuk headset AR.

Bukan hanya facebook saja yang saat ini mengerjakan projek teknologi AR, perusahaan teknologi raksasa lainnya juga seperti Microsoft, Apple dan Google memiliki proyek yang sama dalam pengembangan teknologi AR.

Teknologi AR yang saat ini dikembangkan semakin canggih, dimana teknologinya bisa menempatkan grafis yang dihasilkan oleh komputer ke dunia nyata. Banyak yang menganalisa bahwa ini merupkan kelanjutan dari teknologi layar sentuh dan smartphone.

Dilansir dari CNBC, Mark Zuckerberg mengatakan ini bahwa teleport dengan teknologi AR nanti ini sangatlah menarik, ketimbang melakukan telepon atauoun video call. Karena dengan teleport kamu bisa datang ketempat orang yang ingin kamu kunjungi dan bisa seolah-olah bisa duduk disampingnya.

Setidaknya membutuhkan lebih dari 10 juta pengguna aktif VR agar memiliki pasar yang cukup besar sehingga pengembang akan lebih tertarik. Mark pun mengatakan bahwa pada versu Quest yang baru nanti, pelacakan mata dan pelacakan wajah akan ditambahkan ke animasi yang dapat digunakan untuk berkomunikasi.