Home / Berita Pilihan / 3 Cara Mengatasi Hp Lemot dan Cepat Panas
HP KAMU LEMOT

3 Cara Mengatasi Hp Lemot dan Cepat Panas

Hp kamu sering tiba-tiba lemot? atau cepat panas? Bukan masalah Hp jadulnya ya, sepertinya ada yang salah di dalam penggunaan dan sistem operasi hp itu.  Hp android semakin hari semakin lemot ,ketika di pakai untuk chat whatsapp atau yang lainnya responnya sangal lambat terus biasanya tiba-tiba mulai panas itu dan jika lebih parah bisa hang.

Banyak yang salah pengertian dari hp android lemot, kebanyakan orang malah mencari berbagai aplikasi android untuk mempercepat kinerja hpnya, padahal itu malah bisa mengakibatkan semakin parah lemotnya.

Menginstal aplikasi untuk mengatasi hp lemot dan cepat panas bukanlah solusi terbaik, perlu kamu ketahui bahwa aplikasi pihak ketiga itu hanya sebagai pembantu untuk mengelolah file dan biasanya hanyak menyarankan penghapusan aplikasi pada hp android kamu agar berjalan optimal. Hp android anda tetap akan tetao terasa ringan dan cepat jika kita mengetahui benar-benar kondisi hp tersebut.

Penyebab Hp jadi lemot, panas dan terasa lambat sehingga memunculkan masalah lag dan hang sewaktu-waktu adalah karena kondisi penyimpanan memori internal yang ada di Hp kamu yang sudah penuh dan terlalu banyak terinstal aplikasi yang tidak berguna serta widget yang aktif sangat berpengaruh.

hp android lemot

Begini Cara Mengatasinya Jika Hp Kamu Lemot dan Cepat Panas

Jadi cara mengatasi Hp lemot dan cepat panas itu secara umum sangatlah sederhana, Cobadeh kamu lakukan 3 hal berikut ini :

Memori Internal Minimal 40% harus kosong

memori internal hp lemot

Gunakan memori internal hp androin dengan bijak, jika memori internal Hp kamu kecil, kamu wajib mempunyai memori external. Karena memori internalnya hanya di gunakan untuk penyimpanan data aplikasi saja, Data pribadi seperti foto ,video dan semua file yang tidak terkoneksi dengan sistem android bisa dipindahkan ke memori ekternal.

Nah jika Hp kamu tidak memiliki slot ekternal memori, solusinya adalah tidak menyimpan banyak foto, video dan juga musik, atau bisa menggunakan sistem penyimpanan online atau pindahkan ke Flasdisk, Komputer ataupun Laptop agar tidak hilang. dengan begitu kapasitas penyimpanan internal Hp kamu akan menjadi lebih besar.

Jangan Install Aplikasi Tidak Penting

Hp lemot instal aplikasi tidak penting

Jika merasa Hp android kamu memiliki memori internal yang besar, jangan seenaknya saja menginstal aplikasi, gunakanlah dengan bijak jangan install berbagai aplikasi tidak penting,bahkan sampai ratusan aplikasi yang tidak pernah di pakai sama sekali.

Hp mahalpun tidak ada ada kekuatannya kalau anda install berbagai macam aplikasi tidak penting,dan puluhan aplikasi tersebut selalu aktif di balik layar alias di sistem, dipastikan hp kamu gunakan akan terasa lemot ,semakin lama semakin lemot dan lag.

Jika kamu merasa Hp mulai lemot, silahkan hapus beberapa aplikasi dan game berat lainnya,lalu clear cache kemudian restart ,biasanya kinerja Hp kamu akan kembali normal. atau bisa menggunakan aplikasi anti virus android atau pendingin Hp yang bisa kamu download seperti DU Battery Saver, Cooling Master, Clean Master dan masih banyak lagi aplikasi lainnya.

Widget Hp Android Bikin Lemot

Gunakan widget sewajarnya saja, seperti widget cuaca dan jam saja. Dari segi tampilan layar, widget bisa mengubah tampilan menjadi lebih bagus, apalagi digabungkan dengan thema dan juga wallpaper. Namum perlu kamu ingat jangan terlalu banyak memasang widget di layar hp kamu, karena kebanyakan widget bisa mengakibatkan baterai hp jadi lebih boros dan kinerja hp menjadi tambah lemot.

3 Cara Mengatasi Hp Lemot dan Cepat Panas ini sudah cukup terbukit ampuh. karna memang semuanya sudah sesuai standar kapasitas Hp. Apabila Hp kamu tetap masih lemot ada kemungkinan terdapat hardware yang mulai rusak dan bekera tidak normal, atau mungkin memang spesifikasi Hp nya sudah yang sudah tidak support dengan sistem operasinya. Kalo sudah seperti itu , sepertinya kamu butuh Hp baru. Heheheh