cara menyelamatkan hp terkena air banjir

HP Kamu Terendam Banjir? Begini Cara Menyelamatkannya Agar Tidak Korslet!

Awal tahun ini di Indonesia sepertinya curah hujan sangatlah tinggi, banyak daerah-daerah yang terkena musibah banjir kali ini termasuk Kota Jakarta yang beberapa hari ini mendadak viral karena banjir dimana-mana.

Ngomongin soal banjir yang datang tiba-tiba, pasti ini membuat orang panik dah terkadang lupa bahwa HP sudah terendam banjir karena harus menyelamatkan barang berharga lainnya. Nah, jangan bersedih dulu buat kamu yang HP nya mati total karena terendam air banjir, karena teknobt punya cara untuk menyelamatkannya.

Yang perlu kamu ingat bahwa ketika tahu HP terkena air, segera ambil dan jangan biarkan terlalu lama karena ditakutkan akan masuk ke bagian-bagian yang sulit untuk dibersihkan sehingga menyebabkan kerusakan fatal.

Ini Cara Selamatkan Hp Terkena Air Banjir

Berikut ini kamu rangkum beberapa cara yang bisa dilakukan ketika kamu sadar bahwa HP kamu baru saja terkena air banjir, baik itu Hp Android atapun Hp iPhone :

Jangan Langsung Dinyalakan

Ketika tahu bahwa Hp kamu baru saja terkena air, segera matikan dan jangan dinyalakan terlebih dahulu karena ditakutkan airnya sudah masuk kedalam mesin.

Cara Mengeringkan HP Ini Sangat Dilarang! Jangan dilakukan Ya

Cara yang dilarang ketika ingin mengeringkan HP yang terkena air adalah menjemur dibawah terik matahari, ini malah bisa meningkatkan resiko kerusakan pada komponen didalam mesin HP tersebut. Hal yang tidak boleh dilakukan lainnya adalah mengeringkan dengan Hairdryer.

Cara Mengeringkan HP Yang Benar

Cara ini mungkin sedikit aneh tapi bisa dibilang paling ampuh, yaitu memasukkan HP kedalam tumpukan beras.

Selain itu cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan silica gel yang fungsinya bisa mengeringkan HP juga loh. caranya adalah letakkan HP yang terendam air itu ditumpukan silica gel dan diamkan selama 2-3 dihari.

Baca Juga  Daftar Lokasi Dan Alamat HP SERVICE POINT Yang Tersebar di Seluruh Indonesia

Selamatkan LCD dan Baterai

Ada 2 komponen yang paling sensitif jika terkena air, yaitu LCD dan Baterai.Jika Baterai HP kamu bisa dilepas, segera lepas dan keringkan dengan kipas.

Hal lain juga yang bisa kamu lakukan adalah dengan melepaskan LCDnya. tapi apakah kamu benar-benar bisa melakukannya? sepertinya solusi terbaik adalah membawanya ke service center terdekat agar bisa ditangani dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *