Jeff Bezos mengundurkan diri sebagai CEO Amazon

Jeff Bezos Bukan Lagi Sebagai CEO Amazon, Resmi Mengundurkan Diri!

Pada hari Selasa, 1 Februari 2021 kemarin, Amazon membuat pengumuman secara resmi bahwa Jeff Bezos telah melepaskan jabatannya sebagai CEO Amazon.

Selanjutnya, Jeff Bezos yang merupakan pendiri Amazon ini akan mendapatkan posisi sebagai Eksekutif Dewan Perusahaan. Sedangkan sosok yang akan menggantikannya sebagai CEO Amazon adalah Andy Jassy yang jabatan sebelumnya adalah sebagai Head Of Amazon Web Services, Divisi Bisnis Cloud yang saat ini sedang naik daun.

Kabar tentang pendunduran diri Jeff Bezos sebagai CEO Amazon ini bertepatan dengan dirilisnya keuangan terbaru dari Amazon. Perlu diketahui bahwa Amazon menjadi salah satu perusahaan yang berkembang pesat dimasa pandemi ini. perusahaan mencatat penjualan lebih dari USD 100 miliar untuk pertama kalinya.

“Amazon menjadi seperti ini karena penemuan,” kata Bezos. “Jika Anda melakukannya dengan benar, beberapa tahun setelah penemuan yang mengejutkan, hal baru menjadi normal. Orang-orang menguap. Menguap itu adalah pujian terbesar yang dapat diterima seorang penemu. Saat Anda melihat hasil keuangan kami, apa yang sebenarnya Anda lihat adalah hasil kumulatif jangka panjang dari penemuan.”

“Saat ini, saya melihat Amazon dalam kondisi paling inventifnya, menjadikannya waktu yang optimal untuk transisi ini.”

Jeff Bezos sendiri telah menjadi CEO Amazon sejak awal didirikan pada tahun 1995. Tugasnya adalah mengawasi perkembangan perusahaannya, mulai dari penjual buku online hingga saat ini menjadi raksasa ritel dan logistik global senilai USD 1,7 triliun.

Keberhasilan Amazon menjadi perusahaan besar ini membuat Bezos jadi salah satu orang terkaya di dunia. Hingga saat ini, total kekayaannya mencapai USD 181,5 miliar atau setara dengan Rp2.551 triliun.

27 tahun yang lalu nama Amazon hanyalah sebuah sebuah ide, dan tidak memiliki nama,” tulis Bezos dalam surat yang ditujukan kepada staffnya. Amazon  saat ini telah mempekerjakan 1,3 juta orang berbakat dan berdedikasi, yang pekerjaannya melayani ratusan juta pelanggan dan bisnis, dan secara luas diakui sebagai salah satu perusahaan paling sukses di dunia.

Untuk Andy Jassy sang penerus bangku Ceo Amazon, telah bekerja untuk Amazon sejak 1997 dan saat ini menjabat sebagai CEO bisnis cloud perusahaan, Amazon Web Services (AWS), pendorong keuntungan terbesarnya. Dalam kuartal terakhir, AWS menyumbang 10% dari penjualan dan 52% dari keuntungan perusahaan.