esports masuk kategori olahraga

Ada 3 Alasan Kemenpora Memasukkan eSports Sebagai Kategori Olahraga!

Banyak orang yang masih bertanya-tanya tentang keputusan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora) memasukkan eSports menjadi salah satu cabah olahraga dan mulai di pertandingkan untuk tingkat nasional hingga Internasional.

Kemenpora mengatakan bahwa ada 3 alasan utama yang memasukkan eSports sebagai cabang olahraga yaitu :

Pertama, menurut Sekretaris Menpora, Gatot S Dewa Broto dan rekan-rekan di Kemenpora mengatakan bahwa mereka melihat adanya unsur kompetitif. Maksudnya adalah Kompetitif ini salah satu menjadi acuan apakah bisa dikatakn sebagai sebagai sebuah cabang olahraga.

Kedua, Ada unsuk sportifivitas didalam game yang diperlombakan oleh eSports. jadi bukan tentang menang atau kalahnya saja, jika tidak ada sportivitas orang bisa cenderung jadi anarkis.

Yang ketiga disebutkan oleh Gatot bahwa adanya masalah Achievement atau prestasi. Para atlet eSports juga tidak sembarangan ketika menjaga fisiknya, tidak mungkin mereka memiliki fisik yang lemah dan tidak sehat akan bermain berjam-jam untuk eSports. dari segi kesehatan emosional dan mental juga dibutuhkan.

Gatot menambahkan jadi dari 3 alasan itu sudah terpenuhi unsur olahraganya. keterangan ini didapatkan dalam acara Virtual Press Conference Garena Free Fire Master League Season III Indonesia, Jumat (15/1/2021).

Baca Juga  PS4 dan Xbox One Hadirkan Game Cyberpunk 2077

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *