alasan harus mematikan hp saat naik pesawat
Ilustrasi, Kamu harus tahu alasan kenapa harus mematikan Hp saat naik pesawat. (Foto: Shutterstock)

Ternyata Kerena Ini Kita Harus Matikan HP Ketika Naik Pesawat

Ketika didalam pesawat, kalian pasti mendengar himbauan untuk mematikan jaringan telepon/HP yang biasanya diinformasikan sebelum pesawat melakukan lepas landas. Nah ternyata itu ada alasannya karena menyangkut dengan keselamatan untuk semua orang dipenerbangan itu.

Ada 2 kebiasaan penumpang yang ketika diminta untuk menonaktifkan HP saat sudah didalam pesawat, pertama benar-benar menonaktifkannya (posisi Off) dan yang kedua itu hanya mengaktifkan fitur “mode pesawat” yang  di menu jaringan Hp Android ataupun iPhone. Nah dengan menggunakan fitur mode pesawat itu, pemiliknya masih bisa menggunakan smartphonenya untuk bermain game offline, nonton koleksi film/video yang sudah tersimpan ataupun bisa mengabadikan pemandangan dari atas pesawat dengan foto dan juga video.

Nah selain Smartphone/HP yang harus dinonaktifkan, beberapa perangkat elektronik lainnya juga yang bisa memancarkan sinyal seperti tablet dan laptop harus dimatikan selama dalam perjalanan dengan menggunakan pesawat. Intinya semua perangkat baik itu Hp, tablet dan Laptop bisa digunakan saat berada di pesawat dengan syarat tanpa koneksi jaringan internet.

Menurut laporan dari laman The Conversation, para ahli telah menemukan bahwa emisi elektromagnetik dari sebuah perangkat elektronik (Hp, Tablet, Laptop) ternyata bisa mengganggu sistem pesawat.  Lebih khususnya adalah yang berada di kisaran 800-900 MHz ini bisa mengganggu instrumentasi kokpit tanpa pelindung.

Jadi solusinya adalah manufaktur telah menciptakan sistem penting di pesawat mereka agar tidak mudah terganggu oleh perangkat elektronik lainnya. Selain itu, fitur Mode Pesawat yang ada di smartphone bisa menjadi solusi terbaik saat melakukan penerbangan, sehingga perjalanannya lebih aman dari gangguan elektronik.

Perlu kalian pahami bahwa ketika mengaktifkan fitur “Mode Pesawat” , jaringan atau radio seluler secara otomatis menjadi posisi off dan ketika ada panggilan telepon ataupun SMS tidak akan bisa masuk. Fitur ini juga mematikan alat lainnya yang memancarkan sinyal seperti Wifi dan juga Bluetooth.

Baca Juga  Konsep Pesawatnya Keren Banget, Bisa Melepaskan Seluruh CABIN Jika Terjadi Keadaan Darurat Dan Menurunkan Dengan Parasut!

Informasi penting juga kami lansir dari Live Science, bahwa dilarangnya mengaktifkan perangkat nirkabel ini berkaikan dengan kemungkinan akan adanya gangguan jaringan darat daripada bahaya yang ditimbulkan pada sistem pesawat terbang. Walaupun tidak ada bukti secara langsung, Maskapai penerbangan lebih memilih untuk cara amannya saja untuk kepentingan bersama dan keselamatan selama perjalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *