tips agar terhindar dari pembajakan whatsapp
3 Tips agar terhindar dari pembajakan / pencurian data Whatsapp, Foto: Forbes

Jangan Lakukan Ini Ya, Jika Tidak Mau Whatsapp Kalian DiHack!

Jika Anda salah satu orang yang termasuk menggunakan Whatsapp sebagai alat komunikasi sehari-hari, maka jangan lakukan hal-hal ini agar akun Whatsapp Anda tidak dicuri/hack.

Kejahatan didunia maya ini sangatlah banyak dan mungkin saat ini sedang mengintai perangkat atau gadget kalian yang siap mencuri data dan salah satu aplikasi yang paling banyak dicuri datanya adalah Whatsapp.

Modus kejahatan baru yang digunakan oleh para hack ini adalah memanfaatkan celah saat pemilik gadgetnya ingin mengganti smartphone baru. Nah proses transfer data itulah yang dimanfaatkan oleh si hackernya nanti.

Apa yang mereka ambil? para hacker ini bisa mengambil data SMS otentifikasi dari Whatsapp saat anda akan menggunakannuya di smartphone baru. Si Hacker nantinya akan mencoba meyakinkan Anda bahwa telah salah mengirimkan SMS ontentifikasinya dan diminta untuk mengirimkan kembali atau istilahnya adalah rekayasa sosial.

Baca Juga : Cara Menyadap WA Pasangan Kita

Dari laman Entrepreneur yang mendapatkan informasi dari Direktur Teknis Check Point, Eusobio Nieva “Hal pertama yang perlu diketahui tentang serangan siber ini adalah aset utama pelaku kejahatan siber memanfaatkan kepercayaan korban,”

Akan sangat sulit untuk memulihkan akun Whatsapp yang sudah diHack, cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan menghubungi pihak Whatsapp dan menginformasikan bahwa nomer WA anda telah dicuri.

Tips Terhindar Dari Hacker Yang Membajak Akun Whatsapp

Untuk menghindari terjadinya pencurian data dari akun Whatsapp, berikut ini ada beberapa tips agar terhindar dari serangan hack saat ingin migrasi data Whatsapp :

  1. Jangan sembarang melakukan login di Web.Whatsapp dengan banyak laptop atau komputer. Apalagi saat mengaksesnya di tempat umum seperti warnet ataupun bandara. Tapi bila itu terjadi segeralah melakukan logout dari Web.whatsappnya langsung dari aplikasi Whatsapp di smartphone.
  2. Pihak Whatsapp tidak pernah meminta data informasi kepada anda melalui Voice Call, SMS atapun via Pesan Whatsapp.
  3. Jangan berikan SMS otentifikasi dari Whatsapp yang berupa 6 digit kepada orang lain. Segeralah blokir nomor yang meminta data tersebut agar tidak terulang dikemudian hari.
Baca Juga  WhatsApp Perbaiki Masalah Besar untuk Android dan iPhone

Nah itulah 3 hal yang harus anda hindari agar akun whasapp anda tidak dibobol oleh para penjahat dunia maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *