Mensos Baru Siap Mencairkan Beberapa BANSOS Pada Januari 2021, Berikut Daftar Bantuannya!

Pemerintah saat ini sedang menyiapkan beberapa BANSOS (Bantuan Sosial) yang rencananya akan dicairkan pada Januari 2021 dan pada artikel ini kami rangkumkan beberapa bantuan dari Pemerintah tersebut yang tujuannya agar para calon penerima bisa mulai meyiapkan persyaratannya.

Adapun beberapa bantuan sosial dari Pemerintah yang siap dicairkan pada Januari 2021 nanti adalah Kartu Prakerja, Bantuan Sosial Tunai Jabodetabek, Banpres UMKM, PKH, BNPT dan BST.

Sebagai informasi tambahan, bahwa pada tahun 2020 ini Pemerintah telah banyak menyalurkan bantuan sosial kepada seluruh masyarakat di Indonesia yang tujuannya untuk membantu pemulihan ekonomi karena pandemi covid-19 yang menyebabkan banyak orang kehilangan pekerjaan ataupun usahanya yang tutup.

Meskipun banyak netizen yang menilai bahwa ada beberapa pembagian bansos ini kurang tepat sasaran, tapi program dari pemerintah ini dinilai berhasil. Oleh karena itu pada awal tahun 2021 nanti, Pemerintah Indonesia akan kembali menyalurkan bantuan karena memang perekonomian saat ini belum pulih total.

6 Bantuan Pemerintah Yang Siap Cair di Januari 2021

Tri Rismaharini Sebagai Menteri Sosial Sosial RI
Tri Rismaharini Sebagai Menteri Sosial Sosial RI, Foto : kemensos.go.id

Disiapkannya kembali program bantuan sosial ini adalah sebagai instruksi Presiden Jokowi, dan harus segera dicairkan agar perekonomian lebih stabil. Jadi sudah sangat tepat jika pada Januari 2021 nanti beberapa program bansos ini akan dicairkan.

Berikut ini adalah 4 bantuan sosial dari Pemerintah yang siap dicairkan pada awal tahun 2021 (januari) adalah sebagai berikut :

Kartu Prakerja

Diketahui dari keterangan peserta Kartu Prakerja Gelombang 11 kebawah, ada insentif Kartu Prakerja yang belum cair dan kemungkinannya akan dicarikan pada Januari 2021 nanti.

Baca Juga  Kabar Gembira! Bansos Modal Usaha Rp3,5 Juta Tetap Dicairkan Kemensos, Ini Syarat Agar Lolos

Seperti pada pengumuman resmi di akun instagram@prakerja.go.id. “Sebagian besar insentif bulan Desember telah tersalurkan. Pencairan insentif akan dimulai kembali pada tanggal 5 januari 2021.”

Itupun semakin dipertegas dengan akan dibukanya kembali penerimaan Kartu Prakerja Gelombang 12

Baca : Kartu Prakerja Gelombang 12 Segera Dibuka

Pada artikel sebelumnya tersebut, membahas juga apa-apa saja yang harus disiapkan dan diketahui agar bisa langsung diterima.

Bantuan Sosial Tunai Jabodetabek

Pemerintah juga akan kembali menyalurkan bantuan sosial tunai kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 di wilayah Jabodetabek.

Tapi, Pemerintah akan menggunakan skema baru dan perubahan program yang menjadi Bantuan Sosial Tunai (BST). Jika awalnya bantuan ini adalah sembako, di bansos BST ini dirubah menjadi uang tunai sebesar Rp 300.000 selama 6 bulan.

Banpres BLT UMKM Rp2,4 Juta

Selanjutnya adan Banpres BLT UMKM senilai Rp 2,4 Juta yang kembali dibuka pendaftarannya. Program bantuan presiden / bantuan langsung tunai ini akan disalurkan kepada para pelaku usaha mikro kecil dan menengah yang pada tahun 2020 belum mendapatkan bantuan.

Program Banpres BLT UMKM ini akan disalurkan kepada pelaku UMKM yang sudah terdaftar melalui Eform BRI atau bisa juga kembali membaca pada artikel sebelumnya.

Baca : Program BLT UMKM Diperpanjang Sampai 2021, Cek Disini Persyaratan dan Cara Daftar Onlinenya!

Penyaluran bantuan BLT UMKM 2021 ini kemungkinan ada sedikit keterlambatan karena ada beberapa daerah yang aksesnya mudah dan ada juga yang sulit, sehingga butuh waktu lebih.

Program Keluarga Harapan PKH

Program Keluarga Harapan atau PKH adalah kegiatan bantuan yang sifatnya sudah reguler dari Kementerian Sosial dan program ini menjadi bantuan prioritas yang akan disalurkan pada tahun 2021 mendatang kepada KPM PKH.

Baca Juga  Ini Cara Mencairkan Bansos Tunai Rp 300 Ribu di dtks.kemensos.go.id Siapkan NIK saat Cek Penerima

Penerima bantuan PKH ini juga diperluas dengan adanya penambahan kuota kepesertaan PKH, Jika sebelumnya jumlah penerima bantuan ini adalah sekitar 9,2 juta KPM PKH, kini menjadi 10 juta Keluarga Penerima Manfaat PKH.

BPNT

Ini merupakan salah satu program reguler dari Kementerian Sosial, Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) ini menjadi bantuan prioritas yang akan dicairkan dari bulan Januari hingga Desember 2021 nanti.

BST

Bantuan Sosial Tunai ini adalah program khusus yang dibuat oleh Pemerintah sebagai upaya untuk memperbaiki perekonomian masyarakat yang terdampak pandemi global saat ini.

Belum diketahui bagaimana cara mendapatkan bantuan ini, tapi anda bisa memastikan apakah terdaftar sebagai penerima BST bantuan sosial tunai dapat klik di sini dtks.kemensos.go.id.

Itulah 6 program bantuan sosial dari Pemerintah Indonesia yang rencananya pada awal tahun 2021 nanti mulai dicairkan. Semoga bermanfaat dan semoga pandemi global ini cepat selesai,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *